Anak Nikah, Walikota Semarang ke Luar Rutan

Wali Kota Semarang, Soemarmo Hadi Saputro.
Sumber :
  • ANTARA/R. Rekotomo

VIVAnews - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta akhirnya mengabulkan permohonan terdakwa kasus suap pembahasan APBD kota Semarang, Soemarmo untuk ke luar rutan guna menghadiri pernikahan anak keduanya yang dilangsungkan hari ini di Semarang.

"Dikabulkan oleh pengadilan dan pagi ini beliau berangkat ke Semarang," kata kuasa hukum Soemarmo, Rudi Alfonso kepada VIVAnews, Sabtu 30 Juni 2012.

Walikota Semarang non aktif itu diizinkan untuk menghadiri pernikahan anaknya. Namun, pengadilan hanya mengizinkan untuk menghadiri acara akad nikah saja, sementara resepsi tidak diperkenankan.

"Beliau hanya diperkenankan menghadiri akad nikah saja, sorenya sudah kembali lagi ke Jakarta," ujar Rudi.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang non aktif itu sambil menangis meminta Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta, mengizinkan dirinya menghadiri acara pernikahan anak keduanya.

"Bagi orangtua, membahagiakan anak adalah kewajiban. Sebagai orangtua, kami mohon izin kepada Yang Mulia untuk bisa menyaksikan perkawinan anak saya yang hanya sekali seumur hidup," kata Soemarmo kepada Majelis Hakim dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu, 13 Juni 2012.

Soemarmo berjanji tidak akan melarikan diri supaya Majelis Hakim yang diketuai oleh Marsudin Nainggolan mengizinkannya ke luar tahanan. "Itu saja kami mohon izin kepada Yang Mulia dan bapak ibu Jaksa Penuntut Umum, hanya sebagai saksi, terima kasih," ujar Soemarmo.

Soemarmo didakwa memberikan suap kepada anggota DPRD kota Semarang terkait kelancaran pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perkiraan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2012.

Jaksa menilai perbuatan terdakwa bersama Ahmad dan Agung yang telah menyepakati uang sebesar Rp4 miliar untuk 50 anggota DPRD Kota Semarang dan Rp1,2 miliar untuk enam pimpinan partai di Semarang, diancam hukuman maksimal lima tahun kurungan dan denda maksimal Rp200 juta. (umi)

Jangan Malas, Olahraga Bisa Jaga Kesehatan Jantung Hingga Turunkan Risiko Kanker Lho!
Turnamen PBSI Sumedang Open 2024

Sukses Digelar, Turnamen PBSI Sumedang Open 2024 Diharap Lahirkan Atlet Terbaik

Turnamen Bulutangkis PBSI Sumedang Open 2024 sukses digelar di GOR Sampurna Sumedang, Indra Jayaatmaja, Ketua PBSI Sumedang berharap ajang ini lahirkan atlet terbaik.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024