Naqsabandiyah Lebaran 17 Agustus

Sholat Ied 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Thareqat Naqsabandiyah Sumatera Barat memastikan 1 Syawal tahun ini bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI pada Jumat 17 Agustus 2012. Dengan ketetapan itu, Naqsabandiyah akan menggelar takbiran pada Kamis malam, 16 Agustus 2012.

"Kami genap berpuasa 30 hari, 17 Agustus Lebaran," kata Sekretaris Naqsabandiyah Sumbar Edizon Revindo pada VIVAnews, Senin 13 Agustus 2012.

Naqsabandiyah memang sejak awal menetapkan 1 Ramadan tahun ini lebih dahulu dibanding yang lain. Terhitung sejak 18 Juli lalu, Naqsabandiyah Sumatera Barat sudah memulai puasa pertama.

Penetapan ini lebih cepat dari kebijakan pemerintah yang menetapkan 1 Ramadan pada 21 Juli. Ini bukan kali pertama perbedaan menetapkan 1 Ramadan dan 1 Syawal antara Naqsabandiyah dengan pemerintah.

"Setiap tahun selalu berbeda, Naqsabandiyah memulai dua hari lebih awal dari pemerintah," kata Erizon.

Meskipun kerap berbeda dalam menetapkan hari-hari besar Islam, Tareqat Naqsabandiyah mempertahankan keyakinannya itu. Hisab munjit menjadi pedoman bagi penganut tareqat naqsabandiyah di Suamtera Barat. Penanggalan ini yang membuat tareqat Naqsabandi tak pernah terpengaruh dalam menetapkan hari besar Islam.

Diperkirakan, jumlah jamaah tareqat ini di Sumatera Barat mencapai ribuan orang. Mereka tersebar di sejumlah daerah seperti Solok, Dharmasraya, Padang. Sementara, kalender resmi pemerintah menyatakan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Minggu 19 Agustus 2012.

Prabowo Bilang Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Elite PDIP Beri Penjelasan Begini
Sandiaga Uno.

Forum Investor di Abu Dhabi, Menteri Sandiaga Beberkan Keuntungan Investrasi Parekraf di Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memaparkan keuntungan bagi investor asing yang menanamkan modalnya di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024