TKI Dipekosa di Kantor Polisi Malaysia, Komnas HAM Kecam Keras

Demo selamatkan TKI Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Komisi Nasional Perempuan (Komnas Perempuan) mengecam oleh tiga anggota Polisi Malaysia di Bukit Mertajam, Pulau Pinang, Malaysia.

"Kami meminta perwakilan RI di Malaysia dapat segera bertindak cepat untuk melindungi dan memenuhi hak korban serta mengawal proses hukum dan penyelesaian kasus tersebut," kata Ketua Komnas Perempuan, Yuniyanti
Chuzaifah melalui siaran pers, Minggu, 11 November 2012.

Yuniyanti menuturkan jika merujuk data dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI pada tahun 2011 setidaknya terdapat 2.209 kasus pelecehan dan kekerasan seksual. Bahkan, sebanyak 535 orang pekerja perempuan yang kembali ke tanah air dalam keadaan hamil.

"Tingginya jumlah kasus kekerasan seksual termasuk perkosaan yang dialami oleh pekerja migran Indonesia di berbagai negara tujuan kerja, belum diimbangi dengan ketersediaan layanan yang sesuai standar pemenuhan hak-hak dasar korban," ujarnya.

Selama ini, menurut dia, pemenuhan hak korban kebanyakan baru sebatas mengantar korban sampai ke rumah dan dikembalikan ke keluarga. Padahal korban kekerasan seksual, terutama perkosaan, memerlukan penanganan khusus.

"Demi martabat dan kehormatan korban dan kemanusiaan, jangan sampai praktek impunitas terhadap pelaku terjadi," ucapnya.

Di samping itu, pihaknya juga meminta kepada pemerintah RI dalam hal ini Kementerian Luar Negeri untuk membuat Nota protes dan meminta pertanggungjawaban pemerintah Malaysia, mengingat perkosaan adalah kejahatan terhadap kemanusiaan dan pelaku perkosaan adalah aparat Kepolisian Diraja Malaysia.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024