Rudi Ditangkap KPK, SBY Tunggu Laporan Jero Wacik

Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini
Sumber :
  • www.antaranews.com

VIVAnews - Hingga Rabu siang, 14 Agustus 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, belum menerima laporan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik terkait penangkapan penangkapan Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas (SKK Migas), Rudi Rubiandini, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Selasa malam.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Laporan Jero ditunggu, karena yang bersangkutan juga merupakan Ketua Komisi Pengawas SKK Migas. "Jika ada suatu kasus dalam kementerian tertentu, maka menteri yang akan melaporkan langsung kepada Presiden," kata Julian di Istana Negara.

Meski begitu, Julian belum bisa memastikan kapan pemanggilan Menteri ESDM ke Istana untuk melaporkan kasus ini. "Yang ingin beliau pastikan adalah keamanan penyelenggaraan pengelolaan kegiatan usaha hulu migas," ujarnya.

Julian mengatakan, Komisi Pengawas SKK Migas juga tengah bekerja saat ini mengumpulkan keterangan mengenai operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK itu.

"Ada ketentuannya. Dan itu yang nanti akan kami tunggu. Presiden menunggu laporan dari Ketua Komisi Pengawas dalam hal ini dipegang oleh Menteri ESDM yang akan menjelaskan penyelenggaraan pengelolaan kegiatan usaha hulu migas," kata dia.

Kepala SKK Migas Rudi diduga menerima suap dari perusahaan minyak PT Kernel Oil. Ia pun diduga telah menerima suap dari perusahaan minyak milik Amerika Serikat itu sebanyak dua kali.

Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, pertama, dia diduga menerima uang dari perusahaan itu pada bulan Ramadan lalu sebesar US$300 ribu. "Setelah Lebaran US$400 ribu. Total US$700 ribu," kata Johan.

Selain menerima uang suap dalam operasi tangkap tangan pada Selasa malam 13 Agustus 2013, KPK juga mengamankan tas warna hitam, motor gede merek BMW, dan sejumlah kardus.

KPK juga menangkap empat orang, yakni Simon, dua orang satpam, dan satu orang sopir pribadi.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Shin Tae-yong jadi sosok pelatih yang dicintai masyarakat Indonesia karena sukses membawa Timnas U-23 menorehkan sejarah. Ternyata, dirinya juga mahir dalam berkendara.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024