70 Persen Pemudik Sudah Kembali Ke Pulau Jawa

Puncak arus balik
Sumber :
  • ANTARA/Kristian Ali

VIVAnews - Pelabuhan Bakauhen, Lampung Selatan, Lampung, terpantau masih ramai Rabu 14 Agustus 2013 atau H+5 Lebaran. Namun, tak ada antrean seperti dua hari lalu.
 
“Pemudik yang lewat Pelabuhan Bakauheni menuju Pulau Jawa sudah mencapai 70 persen dari jumlah pemudik yang tiba saat mudik Lebaran lalu, yang mencapai 657.458 penumpang,” ungkap General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni, Yanus Letanga, kepada VIVAnews.

Berdasarkan data dari PT ASDP Cabang Bakauheni, Selasa 13 Agustus 2013 kemarin, jumlah pemudik yang telah kembali ke Pulau Jawa mencapai 350.837 penumpang. “Pemudik yang belum kembali mencapai 213.756 penumpang,” terus Yanus lagi.
 
Dia memperkirakan, hari ini dan besok arus balik para pemudik masih mengalir. Namun, volumenya tidak lagi akan seramai dua hari lalu. “Dua hari lalu arus balik cukup ramai. Bahkan pada Senin lalu menjadi puncak arus balik pemudik,” tukasnya.
 
Sementara, jumlah pemudik sepeda motor yang belum kembali ke Pulau Jawa mencapai 17.009 unit, sedangkan yang telah kembali mencapai 52.336 unit. Dengan begitu, pemudik sepeda motor yang belum kembali tinggal sekitar 30 persen.
 
Lebaran tahun ini, jumlah pemudik membawa sepeda motor naik signifikan. Jika dibandingkan dengan mudik Lebaran tahun 2012 lalu, peningkatannya mencapai 25 persen. “Tahun lalu sejak seminggu sebelum dan setelah lebaran jumlah sepeda motor yang menyeberang hanya 41.731 unit,” papar Yanus.
 
Sedangkan, tahun ini hingga empat hari setelah lebaran saja, jumlah sepeda motor yang menyeberang di Pelabuhan Bakauheni sudah mencapai 52.336 unit. Jumlah ini diprediksi masih akan terus bertambah, mengingat belum semua pemudik yang menggunakan sepeda motor kembali.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Bandara Supadio

Sementara itu, arus balik di Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat mencapai puncak, hari ini. "Pada  H+5 sampai pukul 11.25 WIB tercatat sudah  3.323 penumpang yang hendak berangkat.  Ini belum sampai malam nanti," kata Kepala Divisi Operasional Bandara Supadio Pontianak, Syarif Usmulyani Alkadrie.

Usmulyani mengatakan, untuk penumpang yang datang ke bandara Supadio Pontianak tercatat 2.975 penumpang dengan peningkatan sekitar 18,5 persen.

Untuk melayani penumpang, PT Angkasa Pura menyediakan enam maskapai pesawat domestik seperti Sriwijaya Air, Lion Air, Ekspres, Garuda Air, Trigana, dan Kalstar. Tujuan maskapai ini adalah Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Pangkalan Bun. "Jam operasi bandara ditambah sampai 12 malam, bahkan bisa sampai 1 malam," jelasnya.

PT Angkasa Pura II Pontianak mencatat total pergerakan penumpang arus mudik lebaran dari dan ke Bandara Supadio Pontianak mencapai puncaknya pada hari ini dipicu mulai masuknya anak sekolah dan aktivitas perkantoran yang mulai aktif sejak Senin kemarin.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024