Paska Dihujani Abu Kelud, Dua Bandara Dibuka Hari Ini

Bandara Juanda Surabaya dihujani abu vulkanik Kelud
Sumber :
  • Tudji Martudji/VIVAnews

VIVAnews – Abu vulkanik dari letusan Gunung Kelud di Jawa Timur membuat sejumlah bandara ditutup dan banyak penerbangan dari dan menuju kota-kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY dibatalkan Jumat kemarin.

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat, yang relatif jauh dari lokasi letusan Kelud bahkan ikut ditutup karena aku Kelud juga terbang sampai Bandung.

Namun Sabtu pagi ini, 15 Februari 2014, ada dua bandara yang sudah kembali dibuka, yaitu Bandara Abdurrahman Saleh di Malang dan Bandara Tunggul Wulung di Cilacap. “Pukul 08.00 WIB, kedua bandara di Malang dan Cilacap itu sudah buka,” kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan, kepada VIVAnews.

Sementara bandara yang sampai saat ini masih ditutup adalah Bandara Juanda di Surabaya, Bandara Adi Sumarmo di Solo, Bandara Ahmad Yani di Semarang, Bandara Adisucipto di Yogyakarta, dan Bandara Husein Sastranegara di Bandung

Sebelumnya, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, bandara-bandara tersebut akan langsung dioperasikan kembali saan aktivitas vulkanik Gunung Kelud sudah reda. “Kalau erupsinya tidak besar, bisa langsung dibuka,” kata dia.

Untuk diketahui, abu vulkanik berbahaya bagi kinerja mesin pesawat. Abu Kelud menyebar ke wilayah timur laut Kelud dengan ketinggian mencapai 150 ribu kaki, dan ke barat laut Kelud dengan ketinggian hingga 550 ribu kaki. (umi)

Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024