Anggota Tim SAR Hilang Disapu Ombak

Pantai Balai Kambang, Kabupaten Malang
Sumber :
  • Antara/ Sahlan Kurniawan

VIVAnews - Seorang anggota SAR bernama Adi Purwanto (46), warga Dusun Rowo Terate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, hilang ditelan ombak Pantai Goa Cina pada Jumat 12 September 2014 sejak pukul 14.00 WIB.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Adi hilang saat melarung sesaji di lepas pantai laut selatan itu tanpa menggunakan pelampung. Pencarian korban terus berlanjut hingga Sabtu ini.

“Saat itu ombaknya besar, dari rombongan orang yang melarung hanya dia saja yang paling tengah, tanpa menggunakan pelampung,” kata Kasat Polair Kabupaten Malang, Iptu Slamet Prayitno Jumat 12 September 2014.

Setelah mendapatkan informasi, pihaknya segera melakukan pencarian sejak Jumat petang. Area pencarian dilakukan mencapai 500 meter dari bibir pantai akibat ombak yang tinggi.

"Kemarin pencarian kami hentikan pukul 17:20 karena ombak yang tinggi. Hari ini pencarian mulai berlangsung pukul 07:00,” katanya.

Regu pencari terdiri dari berbagai anggota SAR di Malang, PMI, satuan Polair dan masyarakat sekitar.

Tim pencari akan menyebar tidak hanya di tengah laut tetapi juga akan mencari di sekitar bibir pantai.

"Upaya pencarian akan kami lakukan maksimal, tergantung situasi dan kondisi ombak,” katanya.

Dari Mimpi

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Kepala Desa Sitoarjo, Lespijanto Daud, mengungkapkan acara larung sesaji di Pantai Goa Cina itu tidak pernah diadakan oleh warganya sebelumnya. Informasi yang diperoleh kegiatan tersebut bermula dari mimpi.

"Entah mimpinya siapa, kemudian mereka melakukan larung,” kata Lespijanto, Sabtu 13 September 2014.

Menurutnya pengelola pantai Goa Cina yaitu Lembaga Kemitraan Desa Hutan (LKDH) tidak memberitahukan kegiatan itu kepada Desa. Kejadian tersebut baru dilaporkan setelah muncul korban tenggelam.

Pantai Goa Cina terletak di Desa Sitiarjo Kecamatan Sumber Manjing Wetang. Ombak di pantai Selatan itu terkenal cukup ganas dan tinggi.

Pantai tersebut populer dengan pemandangan batu karang yang indah dan pasir pantai yang bersih membentang di garis pantai yang cukup panjang.

Nama Goa Cina diperoleh karena konon kabarnya ada pasangan orang Cina yang lenyap atau muksa saat bertapa di salah satu goa karang di pantai tersebut. (ren)

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy John Sahala Marbun saat memberikan keterangan pers Jendral TNI bintang dua gadungan.(B.S.Putra/VIVA)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Pria berinsial JJ, mengaku sebagai anggota TNI pangkat Mayor Jenderal ditangkap saat mendatangi Markas Kodam I Bukit Barisan (BB). Ternyata TNI gadungan

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024