Besok, 11 Alat Tempur TNI Bakal Hiasi Kota Semarang

Ilustrasi-Parade pasukan dan Alutsista di HUT TNI ke 69
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Dalam rangka hari ulang tahun TNI ke-69, sebanyak 11 alat utama sistem Pertahanan (alutsista) bakal dipamerkan di Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu 12 Oktober 2014.

Pameran tersebut setelah sebelumnya dilakukan di beberapa daerah, seperti Solo dan Yogyakarta.

Acara tersebut merupakan rangkaian gelaran roadshow alutsista ke berbagai kota besar, sebelum akhirnya dikembalikan ke masing-masing home base. Dengan begitu, masyarakat berkesempatan melihat dari dekat belasan peralatan tempur milik TNI di Simpang Lima Semarang.

Dari 11 alat tempur milik TNI, akan dipamerkan empat tank mutakhir serta beberapa peralatan canggih yang digunakan oleh prajurit Indonesia.

"Beberapa alat yang kami pamerkan adalah yang baru kami beli, seperti tank leopard," ungkap Dandim 0733 BS, Letkol Inf M Taufiq Zega, usai menghadiri acara HUT TNI ke-69 di Markas Kodam IV Diponegoro, Banyumanik, Semarang, Sabtu 11 Oktober 2014.

Dia menjelaskan, sejumlah peralatan tempur tersebut baru akan diberangkatkan ke Semarang sore nanti, karena saat ini roadshow masih digelar di Yogyakarta.

Arsenal Kedinginan di Puncak Usai Bantai Bournemouth

"Jadi berangkat dari Yogyakarta sore lalu sampai Semarang dan besok dipamerkan di pusat kota Semarang," jelasnya.

Alat berat milik TNI itu, nantinya akan diangkut menggunakan kendaraan berat, sehingga akan menghiasi jalanan Kota Semarang selama satu hari penuh.

"Nanti masyarakat Semarang boleh melihat dari dekat tank-tank milik TNI. Dan melihat betapa hebatnya peralatan canggih milik TNI, " jelasnya.

Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Bayu Purwiyono, dalam sambutannya menambahkan, HUT TNI ke-69 tahun ini diharapkan akan menjadi motivasi prajurit untuk semakin teguh mempertahankan NKRI.

Hal itu, dilakukan dengan kebersamaan komponen bangsa, dapat mendorong tegaknya pilar-pilar bangsa.

Lebih lanjut, kata Bayu, rangkaian HUT TNI juga sebagai ajang melakukan pembenahan internal prajurit, agar senantiasa berlaku profesional di manapun berada.

TNI juga ingin memperkokoh jatiĀ  diri sebagai tentara rakyat, dari rakyat dan bagi rakyat. "Jadi HUT TNI kali ini mempertegas sebagai tentara rakyat dari rakyat dan bagi rakyat," papar dia. (ita)

Bareskrim Polri bongkar laboratorium narkoba di Bali (sumber: istimewa)

Bareskrim Bongkar Lab Rahasia Narkoba di Bali, 3 WNA Ditangkap

Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri membongkar dua clandestine lab atau laboratorium rahasia yang berada di sebuah villa wilayah Canggu, Badung, Bali. Tiga w

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024