TNI Gagalkan Penyelundupan 2.000 Telur Penyu ke Malaysia

Penyu sisik
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
VIVAnews - Tentara Nasional Indonesia yang bertugas di perbatasan RI- Malaysia menyita 2.000 butir telur penyu ilegal yang akan diselundupkan ke Serikin, Malaysia. Satgas Yonif Linud 501/Bajra Yudha Pos Dalduk Pos Jagoi Babang, Kalimantan Barat, mengamankan seorang warga Dusun Jagoi RT 01 RW 01, Desa Jagoi Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang. 
22 Tahun Dikabarkan Meninggal, Masiroh Kembali dan Ceritakan Kisahnya di Suriah

Asnadi, 39, diamankan di depan Pos Jagoi Babang saat tengah mengendarai sepeda motor Honda Beat warna hitam bernopol KB 3412 VT.
Kembali Sapa Penggemar di Saranghaeyo Indonesia, Xiumin EXO Akui Kangen Berat ke Fans

“Asnandi membawa 2.000 butir telur penyu tanpa dilengkapi surat dan dokumen resmi yang akan dikirim ke Serikin Malaysia. Sertu Hariyadi menyerahkan pelaku dan barang bukti berupa 2.000 butir telur penyu kepada pihak Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Jagoi Babang,” ujar Kepala Penerangan Komando Daerah Militer (Kapendam) XII/Tanjungpura, Kolonel Arm I Ketut Sumerta, Rabu, 3 Desember 2014.
5 Fakta Mengerikan Real Madrid Usai Juara LaLiga 2023/2024

Selain menggagalkan penyelundupan telur penyu ilegal, anggota Pos Sajingan Satgas Yonif 501/Bajra Yudha juga menangkap dua truk bermuatan kayu meranti dan kruwing yang berasal dari hutan lindung Sei Bening, Kabupaten Sambas, sejumlah 240 batang (10 kubik ) tanpa dilengkapi surat resemi. Rencananya kayu itu akan dibawa ke Pemangkat.

“Pemilik kayu bernama Sarius Dias (40) warga Sei Bening. Barang bukti  berupa dua unit truk dengan nopol KB 8951 PZ dan KB 9457 AE. Kayu ukuran 4x8 dan 8x12 semlah 240 batang (10 kubik ),” ucap dia.

Diketahui, daerah Kalimantan Barat memiliki lima titik perbatasan yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia, yakni Kecamatan Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang, Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau, Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, dan Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang. Tidak sedikit barang-barang impor dari Malaysia masuk ke wilayah ini. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya