Alasan Menteri Desa Galakkan Transmigrasi

Menteri DPDTT Marwan Jafar
Sumber :
  • Kementerian DPDTT
VIVA.co.id
Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi
- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, masih terus berupaya menggalakkan transmigrasi. Menteri Desa, Marwan Jafar mengatakan, dengan transmigrasi maka ketahanan pangan Indonesia diyakini bisa terjaga.

Marwan Jafar Dicopot, Jatah Menteri PKB Tetap

Menurut menteri asal PKB ini, sudah banyak kisah sukses transmigran. Tentu, kata dia, dengan melakukan sinergi dengan masyarakat setempat, Menteri Marwan yakin, para transmigran bisa turut serta memberikan kontribusi dalam membangun Indonesia dari pinggiran.
Marwan Jafar Kena Reshuffle?


"Di beberapa daerah tujuan transmigrasi, peminat sangat banyak. Kalau dicek mayoritas transmigrasi kita sukses. Kita akan buka lahan seluas-luasnya, ada 12.000 desa yang akan dibuka lahannya, sebagian akan digunakan dalam rangka pemetaan transmigrasi terutama dari perbatasan," ujar Menteri Marwan, dalam siaran pers, Senin 24 Agustus 2015.


Dia mengatakan, dengan jumlah lahan yang sangat besar yang disediakan pemerintah itu, maka ketahanan pangan akan semakin kuat. Reformasi agraria juga bisa berjalan lancar.


"Ada 9 juta hektare, yang akan dimanfaatkan dalam distribusi transmigrasi. Kita baru 0,6 juta hektare," ungkap Menteri Marwan.


Menurut dia, perlu sinergi pusat dan daerah, sehingga lahan-lahan nantinya peruntukan bagi pemerataan penduduk.


"Indonesia luas dan butuh sinergi. Semua pihak juga pemda. Semua provinsi ada 614 kawasan transmigrasi. Mulai tahun ini disinkronkan. Dalam rangka membuka lahan," ujarnya.


Transmigrasi juga akan menyasar beberapa pulau-pulau kecil dan terluar di Indonesia. Tentu, yang memiliki potensi alam yang luar biasa.


Dia yakin, dengan begitu, transmigrasi juga bisa menunjang poros maritim yang ditargetkan pemerintah pusat.


"Misalnya seperti di Natuna, yang potensial dijadikan lahan transmigrasi ini juga menunjang poros maritim yang ditargetkan pemerintah pusat," tutur Marwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya