Malam Tahun Baru Jangan Lewat Jalan Malioboro

Sumber :
  • Antara/ Noveradika
VIVA.co.id
Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo
- Malioboro dipastikan akan menjadi kawasan untuk merayakan pesta pergantian tahun di Yogyakarta seperti tahun-tahun sebelumnya.

Lagi, Calon Penumpang Pesawat Ngaku Bawa Bom
Untuk memastikan jalan Malioboro bebas dari kemacetan, maka terhitung pukul 19.00 WIB, 31 Desember 2015, jalan Malioboro akan ditutup untuk segala macam kendaraan. 

Yogya Bakal Punya Stasiun Kereta Api Bertaraf Internasional
"Penutupan jalan Malioboro ini untuk kenyamanan dan kelancaran para wisatawan maupun masyarakat Yogyakarta yang hendak merayakan tahun baru di jalan pusat kota tersebut," kata Dirlantas Polda DIY, Kombes Pol Tulus Ikhlas Pamoedji, Minggu, 27 Desember 2015.

Petugas kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas. Rekayasa lalu lintas dilakukan di seputaran jalan menuju Malioboro. Sebab, diprediksi kendaraan dari luar kota yang saat ini sudah mulai masuk Yogyakarta pada pergantian tahun nanti dipastikan bakal masuk kawasan Malioboro.

"Dengan penutupan jalan Malioboro dan adanya rekayasa jalan masyarakat dapat menyesuaikan," kata Tulus. 

Menurut Tulus, penutupan lebih awal yaitu pukul 19.00 WIB dilakukan sebagai upaya pencegahan adanya kekagetan arus lalu lintas. Dengan demikian, masyarakat bisa langsung menyesuaikan.

''Kami tetap fasilitasi yang ingin keluar, namun untuk yang ingin masuk kami akan melihat perkembangan di lapangan nantinya. Yang jelas, mulai pukul 18.00 kita sudah kurangi volumenya,'' tuturnya.

Penutupan kawasan Malioboro, kata Tulus, didasari pada volume kendaraan yang terus bertambah hingga akhir 2015 ini. Tercatat, jumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat mengalami penambahan lima hingga 10 persen.

''Berdasarkan catatan yang ada, jumlah kendaraan mengalami pertambahan yang cukup signifikan seiring dengan jumlah penduduk yang juga bertambah,'' kata Tulus. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya