Antisipasi Teror dengan Truk, Polri Intensifkan Intelijen

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian, mewaspadai adanya ancaman aksi teror dengan menggunakan kendaraan besar, seperti yang terjadi di Kota Nice, Prancis, pada Jumat dini hari tadi. Serangan truk maut itu menewaskan sedikitnya 84 orang, ungkap pihak berwenang Prancis, seperti yang dikutip kantor berita Reuters.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Sebagai antisipasi serangan serupa di Indonesia, Tito berencana mengintensifkan komunikasi Detasemen Khusus 88 Anti Teror Polri dengan Badan Intelijen Negara. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan pengawasan terhadap informasi intelijen yang berkembang di Suriah. Sebab, serangan teror yang belakangan terjadi di Indonesia, umumnya memiliki kaitan dengan kelompok ISIS (Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam).

"Biasanya ada semacam instruksi, ada hubungan dengan di Raqqa, Syiria. Seperti kasus-kasus yang kemarin di Thamrin, Surabaya, semua ada hubungan dengan di Raqqa," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat.

Kasus TPPO Mahasiswa di Jerman, Polri Ajukan Red Notice ke Interpol

Tito pun mengimbau semua jajaran Polri agar lebih mewaspadai aksi teror semacam ini, dengan meningkatkan pengawasan masyarakat melalui closed circuit television, dan memperketat pengamanan di tingkat Polres.

"Mengingatkan anggota-anggota di lapangan, agar lebih waspada modus-modus operandi menggunakan truk seperti itu," ujarnya.

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Pada Hari Nasional Prancis (Bastille Day) di Kota Nice pada Kamis malam waktu setempat, sebuah truk besar menyeruduk kerumunan masyarakat yang sedang merayakan hari nasional tanda awal demokrasi di negeri Menara Eiffel itu. Presiden Prancis, Francois Hollande, menyebut serangan truk itu sebagai aksi terorisme. Sopir truk sebagai pelaku tunggal serangan itu juga menembaki masyarakat dan di dalam truknya ditemukan senjata api serta granat. (ren)

Ilustrasi tembakan.

Kata Mabes Polri Soal Anggota Polresta Manado Tewas Luka Tembak di Kepala

Seorang anggota Satuan Lali Lintas Polres Kota Manado, Sulawesi Utara ditemukan tewas dengan luka tembak di bagian kepala, kemarin. Kejadiannya di Jalan Mampang Prapatan

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024