IPW: Kepala BNPT Baru Mesti Waspada Serangan Balik Teroris

Pelantikan Komjen Suhardi Alius menjadi Kepala BNPT.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, menilai, masuknya Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Suhardi Alius menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menunjukkan gerbong Kapolri baru Jenderal Tito Karnavian mulai bergerak.  

IPW Sebut Barang Bukti Sabu 11 Kg Hilang, Polrestabes Menjawab

"Suhardi adalah angkatan muda di Polri. Lulusan Akpol (Akademi Kepolisian) 85 ini memang belum pernah bertugas di Densus 88 Antiteror. Tapi Suhardi pernah menjabat sebagai Kabareskrim dan dia 'tersingkir' menjadi Sekretaris Utama Lemhanas pascakonflik KPK-Polri," kata Neta dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Rabu, 20 Juli 2016.

Tampilnya Suhardi sebagai Kepala BNPT, membuat bintangnya kembali bersinar. Namun, menurut Neta, tantangan Suhardi di BNPT tergolong berat, terutama dengan tewasnya tokoh teroris Santoso di Poso.

Dia menyebutkan, tak menutup kemungkinan akan ada serangan balasan dari para teroris. "Antisipasi serangan inilah yang harus dilakukan dengan maksimal oleh BNPT," katanya.

Arema FC Minta IPW Tidak Provokasi Jelang Piala Menpora 2021

Dengan bergesernya Suhardi, kata Neta, terlihat komposisi "kabinet" Tito Karnavian di Polri diperkirakan mengandalkan "duet Akpol 87 dan 85". "Tak heran jika berkembang kabar bahwa calon kuat yang akan menggantikan Wakapolri (Wakil Kepala Polri) Komjen Budi Gunawan adalah Komjen Syafruddin, Akpol 85 yang kini menjabat Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri)," ujarnya.

"Meskipun 'kelompok Solo' menjagokan Wakaba (wakil kepala badan) Intelkam Irjen Lufthi sebagai Wakapolri, tapi tampaknya usul ini akan ditolak, dengan alasan Wakapolri harus dijabat perwira berpangkat Komjen senior," ujarnya.

Polda Metro Jaya Segera SP3 Kasus ITE terkait IPW
Karangan bunga turut berduka cita (foto ilustrasi)

Ketua IPW Neta S Pane Meninggal Dunia

Sebelum meninggal dunia, Neta S Pane dinyatakan positif COVID-19 dan diawta di UCU RS Mitra Bekasi Jawa Barat sejak Sabtu.

img_title
VIVA.co.id
16 Juni 2021