Hindari Macet Parah di Brexit, Ini yang Dilakukan Menhub

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya bersama Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia akan berkoordinasi untuk mengelola Tol Exit Brebes Timur (Brexit) sebagai antisipasi tidak terjadi penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan parah seperti Lebaran kemarin.

Menhub Ikut Lepas Ekspor 262 Gerbong Barang ke Selandia Baru

Menurutnya, Kemenhub dan Polri akan menerapkan manajemen pembatasan dan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan di Gerbang Tol (GT) Brexit, di mana diprediksi puncak arus mudik Hari Raya Idul Adha akan terjadi pada Sabtu dini hari hingga pagi harinya.

“Kalau terjadi antrean sepanjang lima kilometer di GT Brexit, maka GT Palimanan akan kita tutup. Begitu pula kalau terjadi hal serupa di Palimanan, maka Tol Subang ditutup,” kata Budi kepada tvOne, dalam acara Kabar Hari Ini, di Brebes, Jawa Tengah, Jumat malam, 9 September 2016.

Jelang Diresmikan Jokowi, Menhub Cek Kondisi Bandara Tebelian

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan menerapkan manajemen pembatasan diperkirakan volume kendaraan bisa dikendalikan sehingga menurunkan kepadatan di GT Brexit. “Skenario ini juga berlaku di Tol Cikarang Utama dan Jakarta. Kalau Brebes macet parah maka kami akan menginformasikan agar jangan ke sana (Brexit),” ujarnya menambahkan.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu memperkirakan, warga yang berangkat keluar kota untuk  mudik terbagi dalam dua bagian. “Mereka ada yang berangkat selepas Isya dan ada pula berangkat setelah Subuh. Karena memang kami prediksi puncak arus mudik, terutama di Brexit, dari Jumat malam sampai Sabtu pagi.”

Penampakan Garasi Jenderal Andika hingga Perkiraan Wisatawan Nataru

(mus) 

Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi calon bandara penunjang IKN.

Menhub Tinjau Lokasi Calon Bandara Penunjang Ibu Kota Baru

Menhub menjelaskan telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru yang lokasinya sangat strategis yaitu berada di antara kawasan IKN.

img_title
VIVA.co.id
22 Februari 2022