HUT 64 Republik Indonesia

Merah Putih Unjuk Gigi di Pulau Terluar

VIVAnews - Pulau Santolo, pulau terluar di selatan Jawa Barat, sejak pagi tadi menjadi 'lautan' merah putih. Kibaran bendera memenuhi pulau yang berbatasan langsung dengan Australia itu.

Di pulau seluas 4,1 hektar ini Kementerian Pemuda dan Olah Raga menggelar upacara peringatan HUT ke 64 Republik Indonesia.
Upacara dimulai sekitar pukul 08.00 WIB dengan Komandan Upacara Danramil Cikelet Kapten Sahid, dan inspektur upacara Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga Wafid Muharam.

Upacara dihadiri pula oleh sekitar 700 peserta yang merupakan perwakilan resimen seluruh mahasiswa yang berjumlah 500 orang. Resimen tersebut sebelumnya melakukan napak tilas sejauh 200 kilometer dengan start dimulai dari Gedung Sate, Bandung pada 14 Agustus lalu.

Untuk sampai ke pulau itu, peserta upacara harus menggunakan rakit atau sejauh 50 meter. Selain diramaikan drum band, peserta juga membentangkan spanduk bertuliskan Dirgahayu Republik Indonesia sepanjang 64 meter.

Dalam sambutan tertulisnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Adyaksa Dault mengungkapkan, alasan upacara dilaksanakan di Pulau Santolo, Kecamatan Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat, karena pulau itu berbatasan langsung dengan Australia dan laut Samudera Hindia.

"Pulau yang berbatasan ini harus dipelihara terutama pembangunannya, sehingga kesatuan Indonesia terjaga," kata dia dalam sambutan yang dibacakan Wafid, Senin 17 Agustus 2009.

Terpopuler: Teuku Ryan Tertekan Jadi Suami Ria Ricis, Nikita Mirzani Bongkar Aib Rizky Irmansyah

Laporan: ULI | Garut

Borussia Dortmund ke final Liga Champions

Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang

Borussia Dortmund melangkah ke babak final Liga Champions 2023-2024 setelah mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 1-0 di Stadion Parc des Princes, Paris Rabu.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024