Borussia Dortmund Melangkah ke Final Liga Champions usai Tekuk PSG di Kandang

Borussia Dortmund ke final Liga Champions
Sumber :
  • AP Photo/Christophe Ena

Paris – Borussia Dortmund melangkah ke babak final Liga Champions 2023-2024 setelah mengalahkan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 1-0 di Stadion Parc des Princes, Paris, Prancis, pada Rabu 8 Mei 2024 dini hari WIB.

Kaget, PSG Tak Gelar Upacara Perpisahan Kylian Mbappe

Kemenangan Borussia Dortmund di leg kedua ini dihasilkan berkat gol tunggal yang dicetak oleh Mats Hummels lewat sundulan kepala di menit ke-50.

Tertinggal satu gol di kandang, PSG tampil ngotot demi menyamakan skor dan mendominasi jalannya pertandingan, namun gol yang ditunggu-tunggu PSG tak juga datang.

Hernan Crespo Tolak Menyerah! Yakin Bawa Al Ain Comeback dan Juara Liga Champions Asia

Duel PSG vs Borussia Dortmund

Photo :
  • Photo/Lewis Joly

Dominasi PSG terlihat dari statistik akhir pertandingan dengan 30 tembakan, 70 persen penguasaan bola dan 658 operan. Sementara Dortmund hanya mencatat 7 tembakan, 30 persen penguasaan bola dan 295 operan.

Hasil Lengkap: Man City dan AC Milan Pesta Gol, Borussia Dortmund Hancur Lebur

Hingga pertandingan babak kedua berakhir, tidak ada perubahan dalam skor yang tetap 1-0. Dortmund berhasil memenangkan pertandingan dan meraih tiket menuju final Liga Champions yang akan digelar di Stadion Wembley, Inggris, pada Minggu 2 Juni 2024 dini hari WIB.

Dortmund mengalahkan PSG dengan agregat 2-0, karena dalam leg pertama semifinal di Signal Iduna Park, tim Jerman itu juga memenangkan pertandingan dengan skor yang sama, yaitu 1-0.

Pada Kamis, 2 Mei 2024 lalu, Dortmund berhasil mengalahkan PSG dengan gol tunggal yang dicetak oleh Niclas Fullkrug pada menit ke-36.

Kemenangan ini membuat Dortmund menjadi tim pertama yang mencapai final Liga Champions musim ini.

Keberhasilan ini merupakan pencapaian kedua bagi Dortmund, setelah sebelumnya mereka mencapai final pada edisi Liga Champions 2012-2013, yang berlangsung 11 tahun lalu.

Berikutnya, mereka akan menunggu pemenang leg kedua semifinal lainnya antara Real Madrid vs Bayern Munich yang akan digelar di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, pada Kamis 9 Mei 2024 dini hari WIB.

Madrid dan Bayern keduanya memiliki kesempatan untuk maju ke final Liga Champions. Ini disebabkan oleh hasil imbang 2-2 antara kedua tim dalam leg pertama semifinal Liga Champions di Allianz Arena, Munchen, Jerman, pada Rabu 1 Mei 2024 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya