Pertamina Sumbagut Jamin Ketersediaan Avtur Cukup dan Aman Selama Penerbangan Haji

Pelayanan pengisian bahan bakar Avtur di Bandara Kualanamu.(istimewa/VIVA)
Sumber :
  • VIVA.co.id/B.S. Putra (Medan)

Medan  – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut memastikan ketersediaan avtur di Bandara Kualanamu, di Kabupaten Deliserdang dalam stok aman. Ketersediaan energi tersebut, dalam rangka mendukung kelancaran keberangkatan jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah ke tanah suci di tahun 2024.

Pertamina Gencar Sosialisasikan QR Code Pertalite, Sudah Ada 3,44 Juta Daftar

Hal itu, diungkapkan oleh Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria kepada wartawan, di Kota Medan, Minggu 12 Mei 2024. Ia mengatakan pelayanan dioptimalkan selama musim haji tahun ini.

Satria menjelaskan Bandara Kualanamu menjadi pilihan utama sebagai bandara embarkasi (pemberangkatan)

Layani Jamaah Haji Lansia, BSI Siapkan 200 Kursi Roda di Tanah Suci

dan lokasi transit untuk penerbangan haji dari Bandara BDJ (Banjarmasin), Bandara SOC (Surakarta), Bandara BPN (Balikpapan) dan Bandara SUB (Surabaya) menuju Jeddah dan Madinah.

Jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama menuju pesawat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Anindya Bakrie Siap Ajak Kadin hingga BUMN Berkolaborasi di Nusantara Sustainability Hub IKN

Dengan itu, Satria mengungkapkan bahwa pada masa penerbangan haji tahun ini, Bandara Kualanamu menjadi bandara embarkasi haji yang melayani sebanyak 269 penerbangan haji.

"Pertamina Patra Niaga telah menyiapkan stok avtur yang cukup dan aman di AFT (Aviation Fuel Terminal) Kualanamu embarkasi haji. Kami juga berkomitmen untuk mendukung kesuksesan dan kelancaran ibadah haji 2024," ucap Satria.

Selain itu, lanjutnya, jika dibanding dengan tahun 2019 (kondisi sebelum pandemi) estimasi penerbangan haji tahun 2024 di AFT Sumbangut (AFT Kualanamu, AFT Hang Nadim, AFT Minangkabau dan AFT Sultan Iskandar Muda) diprediksi akan mengalami peningkatan yang signifikan dengan peningkatan volume avtur lebih kurang 47%. 

"Rata-rata konsumsi avtur di AFT Embarkasi Haji selama periode haji fase I (12 Mei hingga 10 Juni) diprediksi naik 140?ri konsumsi normal (Januari 2024) atau 539 KL per hari menjadi 1.295 KL per hari," ucap Satria.

Sementara itu, Manager Corporate, Operation and Services (COS) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Riki Madyanto menambahkan, selain memastikan pasokan avtur terjaga bagi maskapai penerbangan, pihaknya juga turut memastikan aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE) tetap terjaga dengan baik.

Kehandalan sarfas AFT Kualanamu hingga mobil pengisian avtur refueller dan hydrant dispenser dilakukan pengecekan setiap harinya guna memastikan semua sarfas dapat beroperasi dengan maksimal.

Di samping itu, pihaknya juga telah menambah tiga unit refueller ke AFT Kualanamu, dengan rincian antara lain, satu unit refueller 16 Kilo Liter (KL) dari AFT Sultan Iskandar Muda, satu unit refueller 16 KL dari AFT Sultan Syarif Kasim II, dan satu unit refueller 25 KL dari AFT Minangkabau. Sehingga kapasitas refueller AFT Kualanamu meningkat 87?ri total 65 KL menjadi 122 KL.

"Selain kesiapan stok, kami memastikan sarfas dalam keadaan yang baik di seluruh AFT Sumbagut. Pekerja yang menjalankan tugas pun melewati proses monitoring kesehatan yang ketat sehingga pelayanan yang kami berikan dapat berjalan maksimal," kata Riki.

Sementara itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan Pertamina Patra Niaga telah memetakan kebutuhan Avtur di setiap AFT dan berkomitmen mendukung kelancaran ibadah haji 2024. 

"Ketersediaan dan kesiapan stok selalu menjadi prioritas utama kami dalam menghadapi momen seperti ini. Setelah stok aman, kami akan memastikan proses distribusinya dilakukan dengan baik untuk mendukung kelancaran penerbangan haji," kata Irto.

Untuk kelancaran operasional, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak diantaranya maskapai, Angkasa Pura, pemerintah daerah, dan lembaga terkait untuk turut serta menyukseskan ibadah haji.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya