Jatuh Bangun Como: Dari Istri Eks Bintang Persib, Dibeli Orang Kaya RI hingga Promosi ke Serie A

Eks Gelandang Persib Bandung, Michael Essien (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/kye/17

Italia – Como 1907 yang baru saja memastikan tiket promosi ke Serie A ternyata begitu lekat dengan Indonesia. Dari mulai eks gelandang Persib Bandung hingga orang kaya Indonesia ada hubungannya dengan Como.

Antonio Conte Resmi Jadi Pelatih Napoli

Saat ini Como dimiliki oleh dua pengusaha Indonesia, Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Pemilik Djarum Grup ini masuk jajaran 10 besar orang terkaya di Indonesia.

Sebelum dimiliki duo Hartono, Como juga rupanya cukup erat dengan Indonesia. Semua bermula saat Michael Essien menandatangani kontrak dengan Persib Bandung pada 2017 silam.

Resmi Jadi WNI, Calvin Verdonk Ternyata Punya Rekan di Persib Bandung

Tak lama usai Essien bergabung dengan Persib, sang istri, Akosua Puni, membeli Como. Puni menebus Como seharga €237.000 atau setara, Rp3,3 miliar.

Akosua Puni (kiri) dan Michael Essien

Photo :
  • peacemonline.com
Memulai Ibadah Haji, Dedi Kusnandar Haturkan Doa Terbaik untuk Persib Bandung

"Nyonya Puni Essien dan tim tim merasa terhormat bisa bergabung menjadi bagian klub yang memiliki sejarah 110 tahun. Pemilik baru berjanji untuk membangun tim utama dan sektor usia muda," tulis pernyataan Como.

Como harus berlaga di Serie D atau kasta keempat musim 2017/18. Mereka mengalami krisis finansial dan tak memenuh syarat tampil di Serie C. Di bawah kendali Puni, rupanya Como tak bisa keluar dari krisis. Mereka dililit utang dan tak bisa membayar gaji para pemainnya.

Dibeli Grup Djarum

Pada April 2019, Grup Djarum melalui SENT Entertainment LTD mengakuisisi Como. SENT merupakan perusahaan berbasis di London namun mereka disokong penuh oleh Robert dan Michael Hartono.

"Como kini berada di tangan asing, orang terkaya Indonesia menjadi pemilik saham mayoritas," demikian tajuk berita Corrieredicomo pada 5 April 2019.

Tak lama usai diakusisi oleh duo Hartono, Como berhasil promosi ke Serie C. Mereka memuncaki grup B klasemen Serie D 2018/19.

Pemilik Como Robert Budi Hartono

Photo :
  • Instagram @comofootball

Duo Hartono memiliki proyek jangka panjang di Como. Di awal, mereka tak langsung membidik pemain. Infrastruktur klub dan akademi menjadi hal yang dibenahi. Como hanya mampu finis di posisi 13 Serie C Grup A musim 2019/20 dan gagal promosi ke Serie B.

Promosi ke Serie B hingga Serie A

Como berhasil meraih tiket promosi ke Serie B pada Minggu, 25 April 2021 di tahun kedua setelah diakuisisi.

Como merebut tiket promosi ke Serie B usai menaklukkan Alessandria 2-1, Minggu 25 April 2021 dan memastikan status sebagai juara Grup A Serie C yang berarti tiket promosi otomatis.

Como berhasil sabet tiket promosi ke Serie A

Photo :
  • Instagram @comofootball

Dan kini, Como berhasil memastikan tiket promosi ke Serie A. Hal itu hanya berselang lima tahun sejak Como diambil alih Hartono bersaudara.

Salah satu pemain kunci yang membawa Como promosi adalah eks bomber AC Milan, Patrick Cutrone. Dia sukses mencetak 14 gol di Serie B.

Pemain lain yang bersinar adalah kiper Adrian Semper. Kiper asal Kroasia ini mampu mencatat 13 assist musim ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya