Berkat Orang Kaya Indonesia, Como Merangkak dari Serie D hingga Promosi ke Serie A

Como berhasil sabet tiket promosi ke Serie A
Sumber :
  • Instagram @comofootball

Italia – Setelah menanti selama 21 tahun, Como 1907 berhasil promosi ke Serie A. Como mendapatkan tiket promosi langsung ke Serie A musim depan usai finis di posisi kedua Serie B.

Pembuktian Cinta Jay Idzes ke Indonesia

Como mengumpulkan 73 poin dari 38 laga. Satu tim lain yang promosi otomatis adalah Parma yang mencatat 76 poin.

Yang menarik, ada andil orang kaya Indonesia di balik sukses Como ini. Duet Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono memberikan dampak luar biasa untuk Como. Mereka membawa Como yang nyaris bangkrut hingga kini berhasil promosi ke Serie A.

Venezia Vs Cremonese, Statistik Jay Idzes Solid

Pemilik Como Robert Budi Hartono

Photo :
  • Instagram @comofootball

Como harus berlaga di Serie D atau kasta keempat musim 2017/18. Mereka mengalami krisis finansial dan tak memenuh syarat tampil di Serie C.

Hari Sempurna bagi Jay Idzes

Como tak bisa keluar dari krisis. Mereka dililit utang dan tak bisa membayar gaji para pemainnya. Lalu, pada April 2019, Grup Djarum melalui SENT Entertainment LTD mengakuisisi Como.

SENT merupakan perusahaan berbasis di London namun mereka disokong penuh oleh Robert dan Michael Hartono.

"Como kini berada di tangan asing, orang terkaya Indonesia menjadi pemilik saham mayoritas," demikian tajuk berita Corrieredicomo pada 5 April 2019.  

Tak lama usai diakusisi oleh duo Hartono, Como berhasil promosi ke Serie C. Mereka memuncaki grup B klasemen Serie D 2018/19.

Duo Hartono memiliki proyek jangka panjang di Como. Di awal, mereka tak langsung membidik pemain. Infrastruktur klub dan akademi menjadi hal yang dibenahi. Como hanya mampu finis di posisi 13 Serie C Grup A musim 2019/20 dan gagal promosi ke Serie B.

Dari Promosi ke Serie B hingga Serie A
Como berhasil meraih tiket promosi ke Serie B pada Minggu, 25 April 2021 di tahun kedua setelah diakuisisi.

Como merebut tiket promosi ke Serie B usai menaklukkan Alessandria 2-1, Minggu 25 April 2021 dan memastikan status sebagai juara Grup A Serie C yang berarti tiket promosi otomatis.

Dan kini, Como berhasil memastikan tiket promosi ke Serie A. Hal itu hanya berselang lima tahun sejak Como diambil alih Hartono bersaudara.

Salah satu pemain kunci yang membawa Como promosi adalah eks bomber AC Milan, Patrick Cutrone. Dia sukses mencetak 14 gol di Serie B.

Pemain lain yang bersinar adalah kiper Adrian Semper. Kiper asal Kroasia ini mampu mencatat 13 assist musim ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya