Menkumham: Barang Palsu dan Bajakan, Sikat!

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly
Sumber :
  • VIVA/Edwien Firdaus

VIVA.co.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) terus mensosialisasikan Undang-Undang Merk dan Indikasi Geografis yang baru saja disahkan. Peraturan itu guna menekan masuknya barang-barang palsu dan bajakan di Indonesia.

Bawa Barang KW di Prancis Bisa Kena Denda hingga Hukuman Penjara

"Sebelumnya Juli lalu kami juga mengesahkan UU Paten. Ini merupakan gerakan melindungi kekayaan intelektual sebagai bagian dari upaya pemerintah melindungi inovasi, kreasi, hak cipta, dan indikasi geografis," kata Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Hamonangan Laoly di kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 20 Oktober 2016.

Menurut Politikus PDIP itu, akibat dari masifnya barang bajakan dan palsu yang beredar di Tanah Air, membuat pendapatan negara dari sektor pajak bocor. Begitu juga dengan pendapatan para pencipta di bidang seni dan lainnya.

DJKI: Indonesia Miliki Potensi Tinggi Transaksi Kopi dan Rempah-rempah

"Kerugiannya cukup besar, sampai triliunan rupiah itu," kata Yasonna.  

Karena itu, Kemenkumham menurut Yasonna tengah gencar mengkampanyekan antibajak dan barang palsu di sejumlah tempat-tempat umum. Upaya ini, ujar Yasonna, dengan menggandeng sejumlah stakeholder dan aparat penegak hukum. 

Peringatan Hari Musik Nasional: DJKI Dukung Kesejahteraan Musisi

"Kalau cinta palsu itu nggak bisa kami laranglah, itu urusan masing-masing. Senyuman palsu, biar sajalah. Tapi kalau namanya barang palsu, CD, DVD, dan bajakan lainnya, ya kami sikat, berantas.”

(mus)

Jepretan layar (secreenshot) akun Twitter @LndMuslitaNazir yang membagikan cuitan yang menyebut adanya pemeriksaan barang KW yang dilakukan di Bandara Paris, Prancis.

Cek Fakta: Pengecekan Barang KW atau Palsu di Bandara Paris

Sebuah akun Twitter membagikan cuitan info pemeriksaan barang KW yang dilakukan di Bandara Paris, Prancis. Pemeriksaan orisinalitas barang bukan wewenang pihak bandara.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022