DPR Segera Beri Bantuan untuk Korban Gempa Aceh

Warga mengamati bangunan yang rusak akibat gempa di Aceh, Rabu, 7 Desember 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Nunu Husien

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Taufik Kurniawan menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Gempa bumi berkekuatan 6,5 skala richter menghantam wilayah Pidie Jaya Aceh, Rabu 7 Desember 2016, sekira pukul 05.30 WIB.

Dari data sementara, ada 26 orang dilaporkan tewas, puluhan bangunan mengalami kerusakan, sejumlah infrastruktur pun dikabarkan roboh. Termasuk, puluhan warga mengalami luka-luka.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Duka yang mendalam kepada seluruh korban luka dan meninggal dunia, serta keluarga yang merasakan duka, serta keluarga yang ditinggalkan. Tentunya, juga menjadi duka dan dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia," kata Taufik.

Sebagai Wakil Rakyat dan Pimpinan DPR, ia juga mewakili perasaan yang sama atas musibah di Aceh, khususnya di Kabupaten Pidie Jaya dan sekitarnya.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Kami akan melakukan respons cepat atas kejadian ini, dengan turut terlibat dalam upaya-upaya penanganan. Termasuk, memberi bantuan tenaga, materi, dan pikiran," ujar Taufik.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran pemerintah, mulai dari pusat hingga daerah Aceh dan sekitarnya, untuk melakukan langkah-langkah strategis dan taktis. 

Dia meminta perhatian penuh kepada seluruh komponen terkait untuk segera melakukan tindakan penanganan yang dibutuhkan, termasuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan gempa susulan.

"Saya sangat meyakini kemampuan kita bersama, sebagai anak bangsa dalam merespons segala peristiwa dan musibah yang menimpa saudara-saudara sebangsa dan setanah air kita saat ini," kata Taufik.

Selanjutnya, ia meyakini, pemerintah pastinya akan bertindak cepat. Apalagi, mengingat peristiwa tsunami Aceh, siapa pun pemimpin di dalam pemerintahan saat ini, pasti akan cepat merespons hal-hal seperti ini.

"Jangan lupa juga, semangat kekeluargaan dan gotong royong seluruh elemen bangsa ini. Saya yakin, pemulihan Aceh akan memakan waktu yang tidak lama," kata Taufik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya