5 Menit Sebelum Mendarat, Hercules Jatuh Masih Terlihat

Pesawat Hercules tabrak gunung, Minggu, 18 Desember 2016.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA.co.id – Wakil Kepala Staf TNI AU (Wakasau) Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja menyebutkan bahwa tower di Wamena, Papua sempat melihat pesawat Hercules dengan nomor penerbangan A1334 yang sudah meminta izin akan mendarat.

Enam Penumpang Diperkirakan Tewas Setelah Pesawat Rusia Jatuh

Pesawat yang akhirnya mengalami kecelakaan di Wamena itu diketahui terakhir terlihat pada pukul 06.08 WIT setelah pada pukul 06.02 WIT melakukan kontak. Pesawat itu tinggal landas pukul 05.35 WIT dari Pangkalan Udara Timika.

"Diharapkan mendarat di Wamena 06.13 (WIT), namun gagal karena ternyata mengalami kecelakaan," kata Hadiyan Sumintaatmadja di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 18 Desember 2016.

Keluarga Cerita Kiprah Kapten Mirza yang Pernah Ikut Operasi Militer

Pesawat, kata dia, sempat diminta untuk mengubah landasan pendaratan ke landasan 33, karena runway awal sedang tidak layak untuk pendaratan. Total korban akibat kecelakaan Hercules ini yakni 13 orang dengan 12 awak dan satu orang penumpang dinas atas nama Kapten Rino yang diketahui bertugas di Biak.

"Pada awalnya akan melaksanakan pendaratan dari ujung landasan pacu Wamena, di ujung kurang baik akhirnya diputuskan mengubah pendaratan dari runway 33," ujar dia.

Keluarga Ikhlaskan Kepergian Kapten Mirza Pilot Rimbun Air

Wakasau melanjutkan bahwa pesawat diketahui dalam kondisi baik. Hercules tersebut sedang dalam misi latihan peningkatan kemampuan penerbang dari co-pilot menjadi pilot.

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api setelah sebuah jet tempur jatuh di Tabriz, Iran, 21 Februari 2022.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Sebuah pesawat tempur F5 buatan AS yang digunakan militer Iran jatuh dan menimpa tembok sekolah di kota Tabriz, barat laut Iran.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022