Gunung Prau Buka Jalur Baru Pendakian

Ribuan pendaki di Gunung Prau, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto (Semarang)

VIVA.co.id – Gunung Prau di kawasan dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah terus menjadi magnet bagi para pendaki. Destinasi alam yang akrab dengan julukan Negeri di Atas Awan itu kini membuka jalur pendakian baru untuk memudahkan pendaki.

Mulai Jumat Besok, Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kembali Dibuka

Pembukaan jalur pendakian baru itu bertepatan dengan dibukanya kembali secara resmi pendakian gunung tersebut, Rabu 5 April 2017. Pendakian sempat ditutup total sejak 1 Januari 2017. 

"Kami buka resmi hari ini setelah upaya revitalisasi kawasan gunung selesai dilakukan. Termasuk kami buka jalur pendakian baru," kata Koordinator Wisata Dieng Adventur Wonosobo, Musa Haq kepada VIVA co.id, Rabu, 5 April 2017.

Gunung Prau, Si Cantik yang Tak Pernah Ingkar Janji

Jalur pendakian baru itu, kata Musa, tetap berada di kawasan Pos Pendakian Patakbanteng. Sebelumnya, di pos tersebut jalur pendakian sempat mengalami kerusakan akibat membeludaknya aktivitas pendakian. "Jalur baru ini kami lengkapi dengan jembatan baru untuk memudahkan pendaki," ujarnya.  

Bertambahnya jalur baru maka jumlah total jalur pendakian ke Gunung Prau ada tujuh lokasi. Jalur itu belum termasuk jalur yang melewati Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Batang.

Seratus Ribuan Pendaki Taklukan Semeru Selama 2017

“Tapi untuk perbaikan di bagian pos atas memang belum. Kami fokus yang dekat basecamp dulu. Tapi kami sudah ada track lagi yang sudah untuk umum juga,” ujarnya.

Ia berharap, dibukanya jalur baru, animo masyarakat akan tinggi untuk menikmati keindahan Gunung Prau. Apalagi pada momentum liburan, Gunung Prau selalu menjadi favorit pendaki. 

Selain itu, Musa mengimbau agar pendaki bisa menaati aturan selama proses pendakian. Itu karena kegiatan konservasi gunung melalui upaya reboisasi dan perbaikan fasilitas masih terus dilakukan. 

Sebelumnya, aktivitas pendakian Gunung Prau ditutup selama tiga bulan lamanya. Reboisasi gunung dilakukan sejak Januari. Para pendaki yang hendak berpartisipasi pada Januari-Maret lalu diperbolehkan naik gunung, namun dengan syarat menanam pohon di area puncak gunung.

Gunung dengan ketinggian 2.565 meter di atas permukaan laut itu menjadi favorit pendaki karena ketinggian dan alamnya dianggap sangat bersahabat dengan pendaki. Baik pendaki pemula maupun pendaki profesional.

Selain memiliki pemandangan alam yang eksotik bak di kawasan atas awan, gunung ini memiliki hamparan puncak yang luas. Saat hari libur, seperti pergantian tahun maupun ketika peringatan kemerdekaan RI, gunung itu tak pernah absen didaki ribuan orang.

Seiring dengan program pemerintah menjadikan kawasan Dieng menjadi salah satu dari empat paket wisata dunia, Gunung Prau kini menjadi pilihan wisata selain Candi Borobudur, Karimunjawa, dan Sangiran. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya