Macet Parah, Dua Titik Contra Flow Dibuka di Tol Cikampek

Contraflow di ruas Tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • Maya Sofia/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Memasuki H-2 Lebaran, kemacetan panjang terjadi di ruas Tol Cikampek sejak malam hari tadi. Kemacetan terjadi karena peningkatan volume kendaraan pemudik yang diperkirakan menjadi puncaknya pada hari ini.

One Way di Ruas Tol Palimanan-Jakarta Kondisional

Saat ini kepadatan masih terpantau di KM 20 hingga 29. Guna mencairkan kemacetan, contra flow atau sistem buka tutup lawan arah diberlakukan.

Menurut AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso mengatakan, kepadatan juga terjadi selepas gerbang Tol (GT) Cikarang Utama sampai KM 36. Karena itu, saat ini masih dilakukan rekayasa lalu lintas.

One way Diberlakukan di Tol Palimanan-Cawang Pukul 15.00 WIB

"Contra flow yang diberlakukan di dua titik. Saat ini di KM 32 sampai KM 41 untuk mencairkan kepadatan di KM 36, juga untuk mencairkan kepadatan di KM 39 jelang rest area 39," kata Heru, Jumat 23 Juni 2017.

Setelah itu, lalu lintas akan ditarik lagi dengan contra flow kedua dari  KM 13 hingga KM 21. Menurutnya, pemberlakuan contra flow adalah diskresi Kepolisian. Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek hanya menyiapkan sarana pendukung seperti rambu, rubber cone dan petugas.

Dawuan Hingga Cikarang Barat Diberlakukan Contraflow

"Contra flow di 32 sampai 41 telah diberlakukan baru saja pukul 09.25 WIB," katanya.

Ia mengatakan, para pengguna jalan yang akan memanfaatkan contra flow agar mengambil lajur kanan. Petugas Jasa Marga di lapangan terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian Patroli Jalan Raya (PJR).

"Ini guna memantau perkembangan lalu lintas sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan membuat rekayasa lalu lintas untuk mencairkan kepadatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya