Begini Kondisi Cuaca Arus Balik di Jawa dan Sumatera

Lalu lintas pemudik di tol Brebes-Gringsing saat Lebaran 2017. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi cuaca saat arus balik Lebaran di sepanjang Pulau Jawa dan Sumatera umumnya cerah berawan. Meski demikian, masih ada peluang cuaca hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Live Breaking News: BMKG Peringatkan Siaga Cuaca Ekstrem

Pemudik tentu wajib mewaspadai wilayah-wilayah yang berpotensi hujan dalam perjalanan kembali usai mudik. Sebab jalanan yang diguyur hujan akan menjadi licin, hingga menyebabkan potensi adanya kecelakaan.

Prakirawan Cuaca BMKG, Iqbal Fatoni, mengungkapkan untuk wilayah jalur mudik di daerah utara dan selatan Jawa, hujan masih dominan akan terjadi di wilayah Jawa Barat, begitu pula dengan daerah Banten. "Umumnya hujan terjadi sejak siang hari sekira pukul 13.00 hingga pukul 19.00. Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," kata Iqbal kepada tvOne, Rabu pagi, 28 Juni 2017.

BMKG: Hujan Ringan Berpotensi Terjadi di Sejumlah Kota Besar

Sementara untuk wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, potensi hujan ringan masih akan terjadi namun di wilayah selatan saja. Pada wilayah Jabodetabek, dikatakan lebih cendrung berpotensi hujan sore hingga malam hari. "Hujannya singkat-singkat, sedang dengan tiba-tiba. Dominan di Bogor dan Tangerang. Jabodetabek berpotensi hujan lokal, karena unsur lokalnya kuat. Maksudnya ada pemanasan yang cukup tinggi di kawasan lokal, terpengaruh laut Jawa, lalu angin-angin juga mempengaruhi," kata dia.

Untuk wilayah Pulau Sumatera, hujan dikatakan terlihat dominan di wilayah Aceh, Lampung, Bengkulu dan Medan pada beberapa hari ke depan. Sementara wilayah lainnya cerah berawan dan berawan. "Ada sirkulasi sebelah barat Sumatera, lalu ada perlambatan angin di daerah Aceh, Bengkulu serta Lampung, hingga kumpulan awan hujan sebagian besar membuat hujan," kata dia. (ren)

Prakiraan Cuaca, Sejumlah Daerah Berpotensi Dilanda Hujan Lebat
Ilustrasi kucing (foto/pixabay))

Perhatikan! Gerak-gerik Kucing Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Bencana Alam

Kucing menjadi salah satu hewan mitologi yang dipercaya mampu mengetahui banyak hal, bahkan termasuk dengan munculnya bencana alam. Sejumlah gerakan dan sikap tertentu.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2023