Kemenhub Antisipasi Lonjakan Arus Balik Malam Ini

Sekjen Kemenhub Sugihardjo melakukan kunjungan ke Stasiun Pasar Senen.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rifki Arsilan

VIVA.co.id – Jumlah pemudik yang kembali menyeberang dari Pulau Sumatera menuju Pulau Jawa diperkirakan baru 46 persen. Karena itu, Kementerian Perhubungan mengantisipasi lonjakan pemudik yang diprediksi akan terjadi malam ini, Sabtu, 1 Juli 2017.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

"Skenario sudah disiapkan oleh Kapolda. Misalnya terjadi antrean sampai satu kilometer nanti akan ditampung di ruas tol sementara, tapi itu belum sempat digunakan, karena sampai saat ini seluruh alur kendaraan bisa ditampung dengan baik di pelabuhan," kata Sugihardjo, Sekretaris Jenderal Kemenhub dalam keterangan tertulis, Sabtu, 1 Juli 2017.

Perilaku pemudik saat arus balik dari Sumatera menuju Jawa, menurutnya, banyak dilakukan pada malam hari, terutama untuk kendaraan bermotor roda empat dan sepeda motor. Sementara penumpang pejalan kaki kebanyakan melakukan penyeberangan pada pagi hari.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Berdasarkan data yang diperoleh dari posko arus balik di Pelabuhan Bakauheni sejak Jumat hingga Sabtu (30 Juni-1 Juli 2017), pemudik yang datang ke Pelabuhan Bakauheni sejak H-10 hingga Lebaran berjumlah 943.371 orang. Dan yang telah kembali dari Bakauheni hingga hari ini sebanyak 430.124 orang atau sekitar 46 persen.

Kendaraan roda empat berjumlah 96.330 unit yang baru kembali dari Bakauheni sebanyak 48.547 atau baru 50 persen. Sedangkan roda dua berjumlah 81.402 unit dan yang telah kembali dari Bakauheni sebanyak 37.530 atau sekitar 46 persen.

Kapolda Jateng: Penyekatan Mudik Selesai, Kini Fokus Arus Balik
Penyekatan Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Sejumlah pengendara yang tak lolos penyekatan arus balik di tol Kalilangkung diketahui tak membawa surat negatif swab.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021