Hari Ini Lebih dari 14 Ribu Arus Balik Pemudik Padati Gambir

Pemudik arus balik memadati stasiun Gambir.
Sumber :
  • Viva.co.id/Rifki Arsilan

VIVA.co.id – Situasi di Stasiun Gambir pada H+7 atau hari ini, Minggu 2 Juli 2017 sudah dipadati para pemudik yang kembali ke Jakarta.

Arus Balik Pemudik Roda Dua Menyemut di Pantura Minggu Malam

Kepala Stasiun Gambir Rizki Afrida menyatakan, hari ini Stasiun Gambir akan kedatangan sekitar 14.756 penumpang dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Angka itu lebih rendah dibandingkan kemarin, Sabtu, 1 Juli 2017. Data akumulatif kedatangan penumpang pada arus balik yang masuk ke Stasiun Gambir kemarin, tercatat sebanyak 14.923 orang penumpang.

"Memang angka itu kalau dibanding kemarin, lebih tinggi kemarin. H+5, atau hari Jumat, 30 Juni 2017. Hari itu sampai 15.000-an penumpang yang turun di Stasiun Gambir," kata Rizki Afrida di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Minggu 2 Juli 2017.

Puncak Arus Balik 16 Mei 2021, Polri Perketat Perbatasan Jabodetabek

Ia menambahkan, dengan berkurangnya jumlah penumpang kereta api yang turun di Stasiun Gambir itu, bukan berarti arus balik libur lebaran sudah selesai. Menurutnya, arus balik pemudik akan terus terjadi hingga pekan depan atau H+15.

"Kalau arus balik kan penumpang bisa turun di stasiun lain seperti stasiun Jatinegara dan stasiun Bekasi. Mungkin arus balik akan terus hingga besok," ujarnya.

Kapolda Jateng: Penyekatan Mudik Selesai, Kini Fokus Arus Balik

Karena masih menunggu selesainya arus balik pemudik, lanjut Rizki, pihaknya akan tetap mengoperasikan 14 kereta api tambahan hingga Selasa 11 Juli 2017 atau H+15 untuk melayani para penumpang di arus balik lebaran tahun ini.

"Kalau total kereta api yang berangkat dan tiba di Stasiun Gambir itu kan ada 42 kereta. 28 kereta reguler dan 14 kereta api tambahan. Semuanya beroperasi sampai H+15," tuturnya.

Penyekatan Arus Balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Banyak Pengendara Tak Lolos Penyekatan Arus Balik Tol Kalikangkung

Sejumlah pengendara yang tak lolos penyekatan arus balik di tol Kalilangkung diketahui tak membawa surat negatif swab.

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021