Perakit Bom Panci Bandung Sempat Kuliah Sambil Jual Bakso

Ilustrasi polisi olah TKP.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

VIVA.co.id – Agus Wiguna, perakit bom panci yang meledak di sebuah rumah Kampung  Kubang Bereum RT 7, RW 11, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, Jawa Barat, ternyata memiliki kisah hidup yang menarik.

Densus 88 Sudah Pernah Ingatkan Polda Jabar Waspadai Serangan Teroris JAD

Kisah itu terungkap saat VIVA.co.id mendatangi wilayah tempat tinggal orang tuanya di Kampung Cibelentuk, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Dalam perbincangan dengan Kepala Desa Bojong, Suhyani, terungkap cerita bahwa sebenarnya Agus dikenal sebagai sosok pemuda yang baik dan cenderung pendiam. Agus juga dikenal gigih menimba ilmu dan mengais rezeki. 

Agus Sujatno Bawa 2 Bom Panci Gunakan Ransel, Hanya Satu yang Meledak

Menurut Suhyani, Agus pernah berkuliah sambil berjualan bakso. Dia bahkan memilih hidup mandiri berpisah rumah dari keluarganya.

"Jadi satu tahun lalu sambil kuliah dan jualan bakso, Agus memilih hidup mandiri, mengontrak rumah sendiri, " ujar Suhyani, Minggu 9 Juli 2017.

Agus Sujatno Gunakan Bom Panci Ledakan Diri di Polsek Astana Anyar

Namun, setahun terakhir sikap Agus mulai berubah. Ketika bertemu keluarga, Agus selalu bercerita tentang berbagai hal yang diharamkan agama. Salah satunya tentang menabung di bank. 

"Itu yang membuat keluarga atau tetangga dekat Agus heran. Ya, itu yang kami serap dari keluarga maupun tetangga. Jadi intinya Agus itu sebenarnya orang baik, sehingga kami kaget jika Agus merupakan perakit bom panci, " ujarnya.

Seperti diketahui, usai ditangkap polisi, terungkap Agus mulai aktif merakit bom panci sejak 1 Juni 2017. Bahkan dia merencanakan akan meledakkan bom di tiga lokasi di Kota Bandung dan Bali. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya