Pelajar RI Juara Lomba Matematika Internasional di India

Tim Indonesia di ajang India International Mathematics Competition (InIMC)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Annisa Maulida

VIVA.co.id – Axel Giovani Hartanto (12), siswa kelas 6 SD Pangudi Luhur Santo Timotius, Solo, berhasil menyabet medali emas kategori individu di ajang India International Mathematics Competition (InIMC), di Lucktown, India, pada 25-31 Juli 2017.

Olimpiade Matematika Digelar Online Karena Pandemi, Tapi Tetap Seru!

Bersama 15 pelajar tingkat SMP dan SD asal Indonesia lainnya, Axel berhasil mengungguli ratusan peserta dari 27 negara di dunia. Di antara negara tersebut yaitu Afrika Selatan, Australia, Bulgaria, Canada, Cina, Cyprus Hongkong, India, Indonesia, Iran, Kazakstan, Korea, Laos, Malaysia, Meksiko, Mongolia, Nepal, Philipina, Rumania, Singapura. 

Menghadapi ajang itu, Axel mengemukakan, tak ada persiapan khusus. "Persiapanya biasa saja, baru benar-benar serius berlatih mengerjakan soal-soal saat diasramakan di KPM (Klinik Pendidikan MIPA) di Bogor, ya senang juga akhirnya bisa dapat emas, pengalaman baru selama di India," ujarnya di terminal 2D Bandara Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Banten, 1 Agustus 2017. 

Kisah Anak Winne Aoki yang Raih 12 Medali Olimpiade Matematika

Presiden Direktur Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Ridwan Hasan Saputra menjelaskan, lomba mata pelajaran matematika ini diikuti oleh 16 pelajar,  terdiri dari tiga tim SMP dan satu tim SD berjumlah empat orang. Mereka dibagi ke dalam dua kategori lomba yaitu beregu dan individu. 

"Bersyukur pada kategori lomba tim untuk SMP meraih Champion untuk Tim A dan 2nd runner up untuk tim B, sedangkan untuk tim SD meraih 2 nd runner up. Hal yang sangat membanggakan adalah Tim A SMP Indonesia meraih Champion," ujar Ridwan.

Tim Olimpiade Matematika Indonesia Raih Medali Perak

Tim A yang terdiri dari Alvin Putera Budiman, M. Abdurahman, Farrel Dwireswara Salim dan Muflih Naufal Maxi mampu mencapai perolehan gemilang dengan mendapat gelar champion. 

"Untuk kategori lomba InlMC persiapannya  hanya 1 minggu, tapi disamping belajar di KPM saya juga melakukan belajar secara mandiri di rumah," ujar Ketua Tim A SMP, Farrel Dwireswara Salim. (ren)

Siswa SD Riau raih medali di Olimpiade Matematika Dubai

Siswa SD Riau Raih Medali di Olimpiade Matematika Dubai

Siswa dari Yayasan Witama School Pekanbaru, Provinsi Riau yakni Kenzo Alvato Lim dari SD Witama School meraih medali perak.

img_title
VIVA.co.id
21 Desember 2021