Ganja Sembuhkan Istri Fidelis, Menkes: Kebetulan Saja

Fidelis Arie Sudewarto beserta anaknya menjelang sidang di pengadilan di PN Sanggau Kalimantan Barat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Facebook

VIVA.co.id – Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menilai, anggapan Fidelis Arie Sudewarto bahwa ganja bisa menyembuhkan istrinya Yeni Iriawati hanyalah sebuah kebetulan.

Ladang Ganja 2 Hektare Siap Panen Ditemukan di Mandailing Natal

Nila tetap berkeyakinan bahwa ganja bukan obat yang bisa menyembuhkan sebelum ada bukti ilmiah. "Tidak bisa lah. Kalau satu saja (kasus Fidelis), kebetulan saja. Mesti ada bukti," ujar Nila di Jakarta, Kamis, 3 Agustus 2017.

Menurut Nila, untuk menunjukkan bahwa ganja memang memiliki khasiat medis seperti yang dilakukan Fidelis, maka harus ada prosedur ilmiah yang berupa penelitian hingga ujicoba penggunaannya termasuk keamanannya. "Belum ada bukti secara ilmiah bahwa ini bermanfaat," ujarnya menambahkan.

Peneliti Australia Pelajari Potensi Ganja sebagai Obat Obesitas

Baca Juga:

Detik-detik Artis Randa Septian Ditangkap Pakai Ganja di Bali

Sebelumnya, pada Rabu, 2 Agustus 2017. Pengadilan Negeri Sanggau Kalimantan Barat menjatuhkan vonis delapan bulan penjara dan denda Rp1 miliar kepada Fidelis Arie Sudewarto.

Bapak dua anak ini terbukti bersalah karena menanam 39 batang ganja yang disebutnya untuk pengobatan penyakit syringomyelia yang mendera istrinya sejak empat tahun.

Fidelis pun meracik ekstraksi ganja dan memberikan kepada istrinya. Pengakuan Fidelis, setelah terapi itu, istrinya menunjukkan perubahan dan terlihat sehat.

Namun belum usai usahanya, petugas mengamankan Fidelis karena ulahnya menanam ganja di rumah. 32 hari berselang usai Fidelis ditahan, istrinya meninggal dunia. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya