Teroris Bandung Ingin Serang Istana Negara dengan Bom Kimia

Petugas Kepolisian mengamankan area penangkapan terduga teroris di daerah Jajaway, kelurahan Antapani Kidul Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/8/2017)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Iyang alias Abu Nakir Shaab, terdua teroris yang diamankan di Kota Bandung Jawa Barat ternyata berencana akan meledakkan Istana Negara dengan bom kimia.

Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

"Sasarannya Istana Merdeka pada akhir Agustus," ujar Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Selasa, 15 Agustus 2017.

Kelompok teroris dari Jemaah Ansharut Daulah ini sebelumnya dibekuk pada Selasa pagi, sekira pukul 07.00 WIB dengan penangkapan pertama adalah YP alias Iyang di sebuah kontrakan di Kelurahan Antapani Kidul Kota Bandung.

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Dari pengembangan, akhirnya diamankan empat lainnya yakni pasangan suami istri bernama AR dan AK, lalu SH. Ketiganya diamankan di wilayah Kiaracondong. Baru kemudian diamankan lagi seseorang bernama R di daerah Parakan.

"YP dan R adalah pendana sekaligus pembuat bom ini," ujar Yusri.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Dengan itu, total ada lima orang yang diamankan Densus 88 Antiteror dari Kota Bandung. Seluruhnya sipastikan memiliki keterkaitan dengan Bahrun Naim, seorang buronan teroris asal Indonesia yang kini diduga berada di Suriah. (Simak laporan terkait Bahrun Naim di sini)

"Kelompok JAD Bandung naungan Bahrun Naim. Bom yang ditemukan adalah bom bom kimia," ujar Yusri.

Putusan Mahkamah Konstitusi

Nasdem Klaim Kehilangan 494 Suara di Dapil Jabar 1

Partai Nasdem meminta agar Mahkamah Konstitusi (MK) membatalkan Keputusan KPU RI Nomor 360 Tahun 2024, sepanjang Dapil Jawa Barat I dan Dapil Kota Bekasi 2. Karena Nasdem

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024