Detik-detik KKB Komplotan Keni Tipagai Serang Polsek Homeyo Intan Jaya yang Tewaskan Warga Sipil

Jenazah korban penembakan KKB di evakuasi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Aman Hasibuan (Papua)

Intan Jaya – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kembali berulah dengan menebar teror yang menyebabkan adanya korban tewas dari warga sipil. Kali ini, ulah KKB Papua dilakukan dengan menyerang Polsek Homeyo di Kampung Pogapa, Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya pada, Selasa pagi tadi.

Dankormar Mayjen TNI Endi: Lettu Eko Bunuh Diri Akibat Depresi Terlilit Hutang Karena Judi Online

Aksi kebrutalan kelompok teroris itu mengakibatkan 1 pemuda atas nama Alexsander Parapak (20) tewas akibat. Alexsander tewas lantaran terkena tembakan dari KKB di bagian dada kiri yang tembus punggung belakang. Selain itu, ada luka di bagian bawah ketiak sebelah kiri.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menjelaskan insiden teror KKB tersebut. Dia menyebut komplotan yang menyerang merupakan KKB wilayah distrik Homeyo Intan Jaya yang diduga kelompok Keni Tipagau dari Kodap VIII Kemabu.

Satgas Damai Cartenz Tangkap Anggota KKB Lupa Waker terkait Kasus Pembakaran Camp di Papua

Pilot Susi Air, Kapten Philips Max Mehrtens disandera KKB Papua.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Dia pun menceritakan peristiwa tersebut berawal terjadi suara tembakan di area Polsek Homeyo pada Selasa pagi tadi sekira pukul 07.40 WIT. Rentetan bunyi tembakan terdengar mengarah ke rumah dinas Aipda Tri Setyo dan rumah dinas Aipda Bartholomeus di area Polsek Homeyo.

Remaja di Depok Dibacok Secara Brutal hingga Kritis, Polisi Buru Komplotan Pelaku

Merespons serangan itu, sejumlah anggota membalas tembakan. Mereka menembaki KKB yang coba kabur ke arah bangunan SD Inpres Pogapa. Ketika itu, terlihat ada sekitar 6 orang KKB.

“Dari penyerangan KKB itu, mengakibatkan 1 korban suku Toraja atas nama Aleksander parapak (20) laki-laki, meninggal dunia,” kata AKP Bayu Suseno, dalam keterangannya, Selasa, 30 April 2024.

Dia menambahkan, untuk situasi di Intan Jaya saat ini, masih dilakukan Operasi DamaiCartenz. Kata Bayu, langkah itu dengan penegakan hukum terhadap KKB.

Selain itu, aparat juga meningkatkan kesiapsiagaan dalam memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat di kabupaten intan.

Bayu juga terus mengingatkan kewaspadaan masyarakat setempat. Dia menaruh harapan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan di Kabupaten Intan Jaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya