UTBK 2024 Dimulai, 11.091 Peserta SNBT Ikut Tes di UNNES Semarang

Peserta SNBT 2024 mengikuti tes UTBK UNNES Semarang.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Semarang – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 dimulai secara nasional, Selasa, 30 April 2024.

Bey Machmudin Minta ICMI Arahkan Mahasiswa KKN Ikut Tangani Stunting

Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi salah perguruan tinggi yang dipercaya menjadi penyelenggara tes, dengan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki.

Tercatat sebanyak 11.091 peserta dari berbagai daerah di Indonesia yang dijadwalkan mengikuti UTBK di UNNES. Tes dijadwalkan berlangsung selama 7 hari yaitu 30 April serta 2-7 Mei 2024.

Pilot Ini Daftarkan Diri Jadi Bakal Calon Bupati

Tes akan dilangsungkan dalam 13 sesi di tiga fasilitas tes berbasis komputer yang dimiliki UNNES yaitu UNNES Digital Center, fasilitas tes di Gedung Kearsiapan, dan fasilitas di Gedung TIK. Masing-masing sesi akan diikuti oleh 895 peserta.

Peserta SNBT 2024 mengikuti tes UTBK UNNES Semarang.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
Universitas Mercu Buana Resmikan Students Learning And Support Centre

Rektor UNNES Prof. Dr. S Martono, MSi. mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan fasilitas sebaik mungkin agar tes berjalan lancar. Menurutnya, tes UTBK sangat penting bagi calon mahasiswa sekaligus bagi perguruan tinggi.

“Bagi calon mahasiswa, ini jadi loncatan strategis untuk mewujudkan cita-cita. Bagi perguruan tinggi, ini merupakan  mekanisme seleksi yang paling baik untuk menyaring calon mahasiswa yang paling siap melanjutkan pendidikan tinggi,” ujarnya.

Berdasarkan pemantauan, pelaksanaan tes di sesi 1 pada hari pertama berjalan lancar. Pada sesi pertama terjadwal 895 peserta mengikuti. Namun terdapat 57 peserta yang pada saat tes dimulai belum hadir.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNNES Prof. Dr. Zaenuri, Msi Akt mengapresiasi semangat siswa dan siswi untuk melaksanakan tes agar bisa melanjutkan pendidikan tinggi.

“Dengan dukungan orang tua, mereka telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” katanya saat melakukan monitoring Selasa pagi.

Pihaknya menghimbau para peserta untuk melakukan pengecekan atau survei lokasi tes sebelum jadwal tesnya. Hal itu diperlukan agar tiap peserta bisa datang tepat waktu, mengetahui lokasi tesnya, sehingga bisa mengerjakan tes dengan baik.

Tes UTBK adalah tes berbasis komputer yang diselenggarakan sebagai salah satu tes nasional masuk perguruan tinggi negeri. Tes ini digunakan untuk memprediksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan baik dan tepat waktu. Tes dilangsungkan di sejumlah perguruan tinggi penyelenggara tes.

Kepala Humas UNNES Rahmat Petuguran menambahkan bahwa UNNES akan mengalokasikan 30 persen kuota yang dimiliki melalui UTBK-SNBT. Sebanyak 22 persen telah dialokasikan melalui SNBP. Adapun sekitar 48 persen atau sebanyak 5.388 akan dialokasikan melalui Seleksi Mandiri (SM) UNNES.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya