Bandara Samrat Ditutup Sementara Akibat Gunung Ruang Kembali Erupsi

Bandara Sam Ratulangi di Manado Kembali Beroperasi, Status Gunung Ruang Sudah Turun Jadi Siaga
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Manado – PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) ditutup sementara akibat semburan abu vulkanik Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut), yang kembali meletus pada Selasa 30 April 2024, pukul 02.00 Wita.

Kronologi Komandan Hizbullah Tewas Terkena Serangan Udara Militer Israel

"Melihat semburan abu vulkanik yang sampai di Bandara Samrat, maka sesuai dengan Notam untuk sementara kami tutup," kata GM Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado, Selasa.

Erupsi Gunung Ruang di Sitaro Sulut.

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
Detik-detik Menegangkan Pesawat Rombongan Jemaah Haji Sulsel Terbakar di Udara

Dia mengatakan berdasarkan pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Fuang dan Notam: A1144/24 NOTAMN, demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan operasional Bandara Samrat ditutup sementara sampai dengan pukul 12.00 Wita hari ini.

"Kami menutup sementara aktivitas penerbangan dari dan menuju Manado hingga sebentar siang," katanya.

Pesawat Garuda Indonesia Bawa Jemaah Haji Asal Makassar Terbakar, Manajemen Buka Suara

Kondisi di lokasi, debu vulkanik yang turun di sekitar bandara itu membuat kendaraan yang parkir di bandara atau pun yang tengah lalu lalang masuk dan keluar bandara menjadi berwarna keabu-abuan. Hal serupa juga terjadi pada atap bandara yang juga dipenuhi abu vulkanik.

Debu vulkanik, turun disertai dengan hujan rintik, hal itu membuat warga banyak yang mencari tempat terlindungi untuk menghindari dampak debu. Banyak warga juga menggunakan masker penutup hidung untuk menghindari paparan debu, walaupun kondisi saat debu vulkanik ini turun, udara dalam kondisi lembab karena hujan.

Warga yang akan melakukan perjalanan ke beberapa destinasi domestik mengurungkan niatnya bepergian dan masih menunggu kabar dibukanya bandara.

"Sebaran debu sebagaimana pantauan citra satelit menjangkau beberapa wilayah seperti Kota Manado, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara serta beberapa tempat lainnya," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Selasa.

Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara

Photo :
  • Antara

Dia berharap warga tetap berhati-hati apalagi kondisi saat ini hujan disertai debu vulkanik masih terus turun. Beberapa bandara, wilayah di Kota Manado, Sulawesi Utara diguyur hujan debu vulkanik Gunung api yang ada di Pulau Ruang tersebut. Sebagai mana terpantau, beberapa wilayah di Kota Manado yang mulai diguyur hujan debu vulkanik sekitar pukul 10.00 yaitu Kecamatan Singkil, Kecamatan Tikala, hingga Kecamatan Mapanget. (ANT)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya