Pesawat Garuda Indonesia Bawa Jemaah Haji Asal Makassar Terbakar, Manajemen Buka Suara

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Jakarta – Pesawat Garuda Indonesia dengan kode GIA 1105 yang mengangkut 450 jemaah haji kloter 5 asal embarkasi Makassar, melakukan prosedur Return to Base (RTB). Hal ini usai adanya percikan api pada salah satu engine atau mesin. 

Bos Garuda Minta Maaf ke Jemaah Atas Layanan Penerbangan Haji Lalu Janjikan Ini

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi kendala engine pesawat yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine. 

Menurutnya, atas kondisi itu, mesin pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi.

Jemaah Haji Diimbau Hormati Budaya Setempat Selama di Saudi

"Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT, dan hingga pernyataan ini disampaikan, seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti," kata Irfan dalam keterangannya Rabu, 15 Mei 2024.

Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)
Kemenag Rilis Aplikasi Kawal Haji, Ini Manfaatnya

Dia menjelaskan, saat ini seluruh penumpang pesawat tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik, dan akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti. 

"Proses pendampingan jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik," jelasnya.

Sebelumnya, GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400 diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT. Penerbangan tersebut mengangkut sedikitnya 450 penumpang, yang merupakan rombongan calon jamaah haji asal embarkasi Makassar, serta 18 awak pesawat.

Garuda Indonesia Livery Pocari Sweat

Photo :
  • VIVAcoid/Agus Setiawan

Irfan pun menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh Jemaah Haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelenggara haji.

"Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut  penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya