Detik-detik Menegangkan Pesawat Rombongan Jemaah Haji Sulsel Terbakar di Udara

Pesawat Garuda Indonesia Terbakar di Udara saat angkut jemaah haji asal Sulsel. (Tangkapan Layar/istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)

Makassar – Pesawat Garuda Indonesia yang mengangkut 450 calon jemaah haji (CJH) asal Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami insiden kerusakan setelah lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Pesawat Garuda yang mengangkut jemaah haji embarkasi Makassar itu terpaksa harus mendarat darurat lantaran mesin pada sayap sebelah kanan terbakar.

Satu Jemaah Haji Asal Lubuk Linggau Meninggal di Madinah, Dimakamkan di Baqi

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Taochid Purnomo Hadi mengatakan, Pesawat Garuda dengan kode GIA 1105 itu awalnya mengalami kendala teknis setelah lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Rabu 15 Mei 2024 pada pukul 15.30 Wita.

"Angkasa Pura I beserta stakeholder Emergency Operation Committee segera siaga di bandara setelah mendapat informasi adanya kendala teknis," kata Taochid dalam keterangannya, Rabu 15 Mei 2024.

Mesin Pesawat Garuda yang bawa Calon Jemaah Haji asal Sulsel Terbakar. (Tangkapan Layar).

Photo :
  • VIVA.co.id/Supriadi Maud (Sulawesi Selatan)
Pesawatnya Sempat Terbakar, Calon Jemaah Haji dari Makassar Sudah Terbang Lagi

Dia menyebut bahwa kendala teknis itu berhasil diatasi dan akhirnya pesawat melakukan pendaratan dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 17.07 Wita. Adapun seluruh penumpang pesawat tersebut telah tiba di bandara dalam keadaan selamat dan baik. Selanjutnya akan kembali diberangkatkan secepatnya mengacu pada kesiapan pesawat pengganti.

"Pesawat tersebut mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan aman dan selamat. Selanjutnya jemaah haji sebanyak 450 jemaah langsung dibawa menuju ke Asrama Haji untuk pelayanan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulawesi Selatan dan Garuda Indonesia," ungkap Taochid.

Mesin Pesawat Calon Jemaah Haji Terbakar, Pesawat Garuda Minta Maaf

"Proses pendampingan jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik," pugkasnya

Pesawat Garuda Indonesia

Photo :
  • ANTARA Foto/Nyoman Hendra Wibowo

Sekedar informasi, bahwa peristiwa terbakarnya pesawat Garuda itu pertama kali diunggah oleh satu akun media sosial Facebook. Beberapa gambar pun sudah tersebar luas.

Dari salah satu video yang beredar nampak pesawat Garuda itu mendarat darurat dengan kondisi mesin yang sudah rusak. Selain video, beredar juga foto yang memperlihatkan kondisi pesawat besar itu mengeluarkan asap tebal hingga api di atas udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya