KKB Serang Polsek Homeyo, Seorang Warga Sipil Tewas Tertembak

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya menyerang Polsek Homeyo di Kampung Pogapa Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya pada Selasa, 30 April 2024 pukul 07.40 WIT. Akibatnya, satu orang warga sipil tewas.

Ratusan Korban Banjir di Sulawesi Tenggara Mengungungsi Mandiri, Menurut BNPB

Adapun korban merupakan warga sipil suku Toraja bernama Alexsander Parapak (20). Dia tewas akibat terkena tembakan dari KKB pada bagian dada kiri tembus punggung belakang dan dibagian bawah ketiak sebelah kiri.

Ilustrasi mayat/jenazah.

Photo :
  • Pixabay.
Rekan Kerja Ungkap Detik-detik Pekerja di Stasiun LRT Kuningan Jatuh saat Bekerja

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno membenarkan adanya peristiwa penyerangan tersebut. Dia menduga, serangan dilakukan oleh kelompok Keni Tipagau.

"Benar terjadi penyerangan dari KKB wilayah distrik Homeyo Intan Jaya yang diduga dilakukan oleh kelompok Keni Tipagau dari Kodap VIII Kemabu," kata Bayu dalam keterangannya.

Holding PTPN Gelontorkan Bantuan Buat Korban Banjir Bandang Luwu

Kata Bayu, sekitar pukul 07.40 WIT terdengar bunyi tembakan rentetan yang mengarah ke rumah Aipda Tri Setyo dan rumah Aipda Bartholomeus di Polsek Homeyo. Sehingga, anggota Polsek melakukan tembakan menuju ke arah tembakan awal dan terlihat ada sekitar 6 orang KKB yang berlari ke arah bangunan SD Inpres Pogapa.

“Dari penyerangan KKB itu, mengakibatkan 1 korban suku toraja atas nama, Aleksander parapak (20) laki-laki, meninggal dunia” tutur dia.

(Ilustrasi) Anggota KKB Papua.

Photo :
  • Puspen TNI.

Buntut penyerangan tersebut, Bayu menyatakan Ops Damai Cartenz mempertebal dan meningkatkan keamanan di sekitar lokasi. Tak hanya itu, pihaknya juga terus melakukan langkah-langkah penegakan hukum terhadap KKB. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya