Pakai Baret Merah, Momen Prabowo Subianto Hadiri HUT ke-72 Kopassus

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadiri acara HUT ke-72 Kopassus di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa, 30 April 2024 (sumber foto: Tim Media Prabowo)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menghadiri upacara peringatan Hari Ulang Tahun atau HUT ke-72 Komando Pasukan Khusus, Kopassus, di Lapangan Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur pada Selasa, 30 April 2024.

4 Fakta Menarik Brigjen TNI Aulia Dwi Nasrullah, Jenderal Bintang 1 Termuda Saat ini

Hadirnya Prabowo disambut langsung Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. 

Prabowo tampak mengenakan pakaian jas berwarna abu-abu dan topi baret merah. Tak banyak bicara, Prabowo yang juga Presiden RI terpilih hasil Pilpres 2024, langsung memasuki lapangan dan mengikuti upacara dengan khidmat. 

Soal Revisi UU Kementerian Negara, Airlangga: Presiden Terpilih Diberikan Kekuasaan Menyusun Kabinet

Dalam kesempatan itu, turut ditampilkan slide show berupa foto para Danjen Kopassus dari masa ke masa. Ada pula sosok Prabowo dalam slide show tersebut yang merupakan Danjen Kopassus ke-15. Munculnya Prabowo pun disambut tepuk tangan meriah. 

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, mengaku bangga dan bersyukur dengan kehebatan Kopassus yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan disegani pasukan khusus di seluruh dunia. Kata dia, kehebatan yang diraih Kopassus ini tidaklah diperoleh dengan mudah. 

Eks Jenderal Satgultor Kopassus Pantau Langsung TFG Pengamanan KTT World Water Forum di Bali

Agus menyebut banyak kerja keras, totalitas dan integritas tinggi yang telah dilakukan hingga Kopassus seperti ini. Dia pun turut menyoroti kerja keras dari para sesepuh Korps Baret Merah, salah satunya yakni dari Prabowo Subianto yang sempat menjabat sebagai Danjen Korps Baret Merah ke-15 pada tahun 1995-1998 silam.

“Pada kesempatan yang baik ini, saya juga menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada seluruh sesepuh purnawirawan yang telah membawa kopassus menjadi hebat seperti saat ini,” kata Agus dalam amanatnya, Selasa, 30 April 2024.

Ke depan, Agus berharap Kopassus akan melakukan terobosan-terobosan berupa adopsi, inovasi dan rekayasa teknologi mutakhir dengan memberdayakan industri pertahanan global dengan berpegang teguh pada semangat kemandirian melalui penguatan industri pertahanan dalam negeri guna mencapai postur Kopassus yang ideal.

“Sekali lagi, saya ucapkan Dirgahayu Komando Pasukan Khusus, berani benar berhasil, lebih baik pulang nama daripada gagal di medan laga. Komando!” tandas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya