Jokowi Jadi Endorser Utama Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

VIVA.co.id – Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72 Republik Indonesia akan dilaksanakan di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu 26 Agustus 2017. Acara pesta rakyat bertajuk ‘Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017’ ini mengangkat tema ‘Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama’.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

"Saya gak bisa membayangkan tiga orang hebat bertemu membuat karnaval yang dihadiri oleh endorser terhebat di Indonesia yaitu Jokowi," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam acara jumpa pers Karnaval Kemerdekaan HUT ke-72 Republik Indonesia di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa 22 Agustus 2017.

Adapun kurator-kurator yang berpartisipasi untuk Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 yaitu Aat Suratin, Dynan Fariz, dan Heru Mataya. Mereka berkolaborasi untuk menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh nusantara.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

Ketua Tim Kurator Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017, Aat Suratin mengatakan bahwa karnaval ini menunjukkan aspek gotong royong. Penyelenggara melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival.

"Kami juga akan menampilkan beberapa komunitas adat yang ada di Jawa Barat. Yang kita data itu ada 20 adat. Nanti ketua adat akan rembukan tampilkan satu penampilan," ujarnya.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan karnaval ini membawa pesan kebhinekaan. Menurutnya, pemerintah Kota Bandung akan mulai bersiap untuk menyambut acara Karnaval Kemerdekaan.

"Saya meyakini hari Sabtu akan sangat viral dan heboh. Kami pemerintah kota mendukung. Kami akan bersolek mulai besok di rute yang terpilih. Nanti tidak hanya manusia yg arak-arakan, tapi hewan juga. Jangan heran nanti kalau ada rombongan bukan manusia lewat," ujar Ridwan Kamil.

Adapun rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 08.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval 2,2 km. Rute karnaval sendiri mengambil start dari Simpang Lima menuju Hotel Savoy Homan, Gedung Merdeka, dan finish di Alun-Alun Kota Bandung.

Karnaval kemerdekaan kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya dari 12 provinsi di Indonesia.

Karnaval ini juga akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung, seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia Van Bandung,  Pemain Engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Parahyangan, Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

Karnaval ini melanjutkan tradisi penutup puncak perayaan bulan kemerdekaan dengan dengan karnaval rakyat yang rutin diadakan sejak tahun 2015. Pada 2015, perayaan kemerdekaan bertajuk ‘Karnaval Khatulistiwa’ diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat. Pada tahun 2016 dilanjutkan dengan "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba di Parapat dan Balige, Sumatera Utara.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Teten Masduki sudah mengkonfirmasi Presiden Jokowi dijadwalkan hadir dalam karnaval tersebut. Dalam acara bertemakan ‘Pesona Parahyangan’ ini, Jokowi akan tampil dengan pakaian adat Sunda.

"Pak Presiden akan hadir dan beliau akan menggunakan pakaian Sunda atau Jawa Barat. Pakaiannya sedang dirancang oleh para ahli di Jawa Barat," kata Teten.

Karnaval ini diramaikan berbagai elemen masyarakat dan komunitas kreatif. Pelajar dan mahasiswa juga akan diikutsertakan menyambut kedatangan Presiden. Puncak perayaan kemerdekaan dengan parade karnaval ini telah diadakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya karnaval diadakan di Pontianak dan Danau Toba.

Jokowi juga direncanakan ikut karnaval dengan menggunakan kendaraan khusus yang didesain meriah, kreatif, dan menunjukkan kekhasan Indonesia. Menurut Teten, Jawa Barat khususnya Kota Bandung, terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan karena memiliki banyak seni dan komunitas kreatif. Sesuai dengan perayaan karnaval kemerdekaan setiap tahunnya yang ingin mengedepankan keunggulan suatu daerah.

Tahun ini pemerintah ingin menonjolkan kekayaan kreativitas yang dimiliki Kota Bandung. Kreativitas ini diharapkan dapat menggelorakan semangat keberagamaan dan kerja bersama yang ingin disampaikan lewat perayaan ini.

"Festival kemerdekaan kita lihat keunggulan di masing-masing daerah. Waktu di Pontianak itu budaya air. Daerah yang memiliki budaya air mengirimkan peserta ke Pontianak. Di Danau Toba Festival danau. Sekarang kreativitas yang ingin ditampilkan," jelasnya.(webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya