2.227 Peserta Ramaikan Karnaval Pesona Danau Toba 2017

Konferensi Pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA.co.id – Ini pasti super heboh! Seperti tahun lalu yang luar biasa. Sedikitnya 2.227 peserta akan meramaikan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu 10 September 2017.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Ribuan peserta tersebut berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba. "Tahun lalu, semua orang merinding karena kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba," ujar Menpar Arief Yahya.

Arief menyebut, semua orang turun ke pesta tahunan dalam rangka HUT RI itu. Mereka mengenakan ulos, ikat kepala sortali, dan berbusana adat Nusantara dengan warna merah tua, hitam dan ornamen putih. "Tahun ini akan dilangsungkan lagi 10 September 2017," kata Arief Yahya.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

“Mulai dari Kab. Dairi, Kab. Karo, Kab. Simalungun Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Toba Samosir, Kab. Pakpak Bharat, semua ikut meramaikan. Ada 55 Kontingen yang ikut karnaval. Setiap kontingen paling sedikit ada 30 orang dan paling banyak ada 200 orang,” tambah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir Ultri Sonlahir Simangunsong, di Balige, Jumat 8 September 2017.

Ultri menjelaskan, tak hanya menampilkan budaya dan tradisi, peserta karnaval  juga akan diikuti 41 mobil hias dan 11 becak hias. Selain itu, ada 300 manghunti tandok (menjunjung tandok) juga peserta karnaval yang bermain terompet sangkakala dan lainnya.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

"Jadi nanti ada juga barisan parade multi etnis yang tidak hanya dari 8 kabupaten di sekitar Danau Toba. Juga ada barisan parade dari etnis Nias, Jawa, Melayu, India dan China. Ini bisa menjadi karnaval yang hangat, akrab, komunikatif, dan bisa berbagi kebahagiaan. jadi harus merangkul segala kalangan. Jadi tak hanya seni budaya tradisi, tapi juga ada budaya yang lainnya," katanya.

Karnaval yang menempuh jarak 2,7 Km ini akan dimulai dari Soposurung dan jalur finish karnaval akan ada di Bank Sumut Balige. Selain itu, Semua detailnya original, desain panggung dengan nuansa merah putih dan backdrop gambar Danau Toba akan berada di Lapangan Sisingamangaraja itu menjadi lokasi kumpul untuk hiburan rakyat.

“Akan ada pula Pameran Produk Kuliner di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige. Rangkaian karnaval sendiri akan dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga 21.30 WIB,” kata Ultri.

Kesiapan seluruh agenda itu ikut dipuji Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dia mengaku senang lantaran atraksi Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2017 sudah siap. Agendanya bahkan diyakini tidak kalah seru dengan puncak Karnaval Kemerdekaan di Bandung. “Atraksi sudah siap. Eksposure medianya juga akan jauh lebih kuat karena kegiatan ini akan diliput stasiun TV nasional maupun internasional," katanya.

Impact positifnya pun disebut-sebut bakal besar. Hotel, restoran, rental mobil, pedagang souvenir, semua akan kecipratan berkah dari Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2017.

“Semua lini pasti akan hidup. Dijamin Anda tak akan kecewa," ujarnya. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya