Hutan Gunung Guntur Kembali Terbakar

Petugas berusaha memadamkan kebakaran di hutan Gunung Guntur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id – Untuk kesekian kalinya, kawasan hutan Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali terbakar. Kebakaran hutan Gunung Guntur terjadi di wilayah cagar alam milik Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut, Sabtu malam, 9 September 2017. 

Geger, Suara Gemuruh Misterius di Gunung Guntur Hebohkan Garut

Kepala BKSDA Wilayah V Garut, Gede Putra, mengatakan, kebakaran hutan Gunung Guntur terjadi di Blok Cungur Bedul, Desa Pasawahan, Tarogong Kaler, Garut. 

"Malam tadi memang hutan Gunung Guntur kembali terbakar," ujar Gede, Minggu 10 September 2017 . 

Mang Ade: Gibran 'Disembunyikan' di Gua Curug Cikoneng

Penyebab kebakaran sementara ini diduga akibat dinamika alam, selain memang akhir cuaca panas yang terjadi di Kabupaten Garut. "Diduga ada gesekan ranting dan bebatuan, sehingga dari gesekan tersebut bisa menimbulkan kebakaran," ungkap Gede. 

Gede menuturkan, upaya pemadaman api dilakukan dengan menggunakan peralatan yang dibantu oleh personel Polres, TNI, dan masyarakat. Hingga pagi tadi sejumlah petugas masih berada di lokasi hutan Gunung Guntur untuk mencegah kebakaran hutan kembali terjadi. 

Kisah Gibran Selamat Usai Tersesat 5 Hari di Gunung Guntur

"Petugas, selain berupaya memadamkan api, juga untuk mencegah agar kebakaran tak meluas," ujar Gede. (art)
 

Sejumlah petugas berupaya memadamkan api yang membakar lahan hutan di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis, 7 September 2023.

Kebakaran Hutan Gunung Guntur karena Ulah Sekelompok Remaja, Menurut Polisi

Polisi menyebut penyebab kebakaran hutan di Gunung Guntur karena ulah kelompok remaja yang melakukan pendakian, kemudian membuat api untuk menghangatkan tubuh.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2023