Surat Misterius Penitip Bayi di Pesantren Jombang

Bayi Shifa Bahiyyah Qurrotu A’yun digendong ibu angkatnya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Bayi mungil itu bersandar dalam gendongan perempuan muda berjilbab.  Shifa Bahiyyah Qurrotu A’yun nama bayi tersebut. Usianya baru sekitar tiga bulan.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Tak diketahui siapa ayah dan ibu kandung bayi Shifa. Bayi berjenis kelamin perempuan itu ditemukan tergeletak di pintu masuk kompleks Pondok Pesantren Al Aziziyah Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, pada 28 Juli 2017 lalu, tepat di samping rumah pengasuh pesantren.
 
“Waktu salat magrib ada suara, ternyata ada bayi,” ujar Wianatul Mufarrihah, sang wanita berjilbab yang juga ibu angkat bayi Shifa, di rumahnya kompleks Pesantren Al Aziziyah Denanyar, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu malam, 17 September 2017.
 
Saat ditemukan, menurut Wianatul, bayi Shifa menangis dalam balutan selimut. Di dekatnya, teronggok kain gendongan dan peralatan bayi. Selain itu, uang sebesar Rp300 ribu juga ditemukan di dekat bayi tersebut. “Terus laporan ke kepala desa, terus Polsek (Kepolisian Sektor Denanyar) ke sini,” ujarnya.
 
Tak hanya itu. Selembar kertas kusam berisi pesan tulisan tangan juga ditemukan di dekat bayi Shifa. Diduga, surat itu ditulis oleh orangtua bayi mungil itu. Isinya:
 
Assalamu’alaikum wr. wb.
Anak saya yang bernama Shifa Bahiyyah Qurrotu A’yun saya titipkan untuk dididik dan dibesarkan oleh Bapak/Ibu, karena saya sebagai seorang ibu masih belum bisa merawatnya. Insya Allah suatu saat nanti anak saya akan saya temui. Saya percaya Bapak/Ibu dapat merawat putri kecil saya ini.
Tolong jangan diganti nama, lahir 25 Juli.

 
Sampai kini, Wianatul dan keluarga besar Pengasuh Pesantren Al Aziziyah belum mengetahui secara pasti siapa orangtua kandung bayi Shifa, serta alasan bayi lucu itu dititipkan secara diam-diam. “Polisi sudah mencari orangtuanya, tapi enggak ketemu,” ujarnya.
 
Beruntung, bayi mungil itu berada di tangan yang tepat. Wianatul dan keluarganya memutuskan untuk merawat dan membesarkannya, seperti permintaan sang ibu kandung Shifa dalam suratnya. Ia juga didoakan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa kala bersilaturrahim ke Pesantren Al Aziziyah.
 
“Pesan Bu Mensos tadi mendoakan semoga (Shifa) jadi anak yang salehah, berguna bagi bangsa dan agama,” ujar Wianatul.   (one)
 

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api yang melahap bus Pahala Kencana di Tol Jombang-Mojokerto. (Foto: PJR Ditlantas Polda Jatim)

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Bus Pahala Kencana jurusan Bandung-Denpasar terbakar di ruas jalan tol Jombang-Mojokerto (Jomo) Rabu pagi, 17 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024