Lagi, Ada Warga Nekat Daki Gunung Agung

Mendaki kawah Gunung Agung saat masih status Awas
Sumber :
  • Facebook/Nengah Suiji

VIVA – Meski masih berstatus awas, ternyata tak menciutkan nyali warga untuk mendaki ke atas kawah Gunung Agung. Teranyar, pemilik akun Facebook Nengah Suji dan Nengah Subur membagikan rekaman video mereka di kawah gunung setinggi 3.142 meter di atas permukaan laut tersebut.

Gunung Agung Kembali Kebakaran, Pura dan Prasasti Hangus Dilalap Api

Nengah Subur dalam akunnya banyak posting foto dan video di kawah Gunung Agung. Ia sempat berdoa dan sembahyang terlebih dahulu sebelum melakukan aksi nekat mendaki gunung yang tengah berstatus awas tersebut.

Dalam caption videonya di akun Faceook, Nengah Subur mengaku sudah beberapa kali naik ke puncak kawah Gunung Agung pada saat berstatus awas.

Lereng Gunung Agung Kebakaran

"Hari pertama saya naik masih kecil dan hari 2 saya naik udah besar sekali dan saya sampai kaget melihatnya," tulis Nengah Subur yang posting video pada 17 Oktober 2017 pukul 18.25 WITA.

Tak hanya Nengah Subur, pengguna Facebook lainnya dengan nama akun Nengah Suji juga posting foto dan video di atas kawah Gunung Agung. Dalam video yang diunggah Nengah Subur maupun Nengah Suji terlihat beberapa orang warga yang nekat naik ke atas gunung yang sudah mengalami penggembungan 6 sentimeter tersebut.

Gunung Agung Sempat Erupsi, Lontaran Material Pijar hingga 700 Meter

?"Niki tiang naik gunung agung mangde semetone eling watu tgl 19-10-2017 elingang titiang nangkil? ke gunung agung mangde ide dane uning, tiyang nunas di bgikan vidiyo puniki?” tulis Nengah Suiji. 

Postingan itu dalam bahasa Indonesia artinya yaitu “Ini saya naik ke Gunung Agung agar masyarakat tahu waktunya tanggal 19-10-2017 ingat saya berkunjung ke Gunung Agung agar semua masyarakat tahu saya minta dibagikan video ini”. 

Video itu diunggah pada 20 Oktober 2017 pukul 22.21 WITA. Hingga hari ini, Sabtu 21 Oktober 2017 pukul 23.00 WITA video itu sudah ditonton 4.655 kali dan 69 kali dibagikan. Dalam video itu, Nengah Suiji sempat mengatakan jika di kawah tercium bau belerang yang cukup menyengat.

Sementara itu, warganet menanggapi beragam video tersebut. Beberapa warganet menyesalkan mereka melakukan aksi nekat tersebut.

“Melihat dari bekas canang nya masih banyak yang  baru berarti banyak yang naik ke atas sana.. ya ampuun tlg jgn bahayakan nyawa anda hanya utk eksistensi di medsos," tulis Kadek Kristina Dewi.

Sementara Wayan Danayasa mempertanyakan maksud pengunggahan video tersebut. "Sebenarnya apa maksud dari pengunggahan video ini,,? mau terkenal,,,?? hanya bikin resah masyarakat aja,,," tulis Wayan Danayasa. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya