Sinabung Kembali Meletus, Semburkan Abu 3,2 Kilometer

Letusan Gunung Sinabung di Karo, Sumut, Senin, 20 November 2017.
Sumber :
  • Repro BNPB

VIVA – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali meletus dengan tinggi kolom lontaran abu vulkanik mencapai 3,2 kilometer.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

"Tadi pagi Gunung Sinabung erupsi pada pukul 08.20 WIB, terjadi dengan tinggi kolom abu mencapai 3.200 meter. Tidak disertai dengan guguran lava dan luncuran awan panas," kata Kepala Pos Pemantau Gunung Api Sinabung, Armen Putra, Senin, 20 November 2017.

Menurut Armen, saat letusan terjadi, terekam gempa akibat erupsi ini terjadi selama 275 detik. Angin lemah juga bertiup dari arah selatan ke barat daya.

Geger Pulau Baru Tiba-tiba Muncul di Jepang, Hal Ini Jadi Pemicunya

Detik-detik Sinabung meletus dan menyemburkan abu terlihat dengan jelas dari pos pantau. Sebab, saat terjadi letusan, cuaca di sekitar gunung dan di puncak Sinabung sangat cerah.

"Kondisi puncak terlihat jelas dengan cuaca cerah, dan abu yang masih mengarah ke timur-tenggara bahkan ke barat," kata Armen. 

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Semburan Abu Vulkanik Setinggi 2,5 Km

Letusan Sinabung kali ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa, sebab sejauh ini area di zona berbahaya letusan sudah tak lagi berpenduduk.

"Masyarakat juga diharapkan membersihkan tempat-tempat umum agar tidak terpapar abu vulkanik. Antisipasi terhadap lahar ketika terjadi hujan deras di sekitar puncak," katanya.

Gunung yang memiliki ketinggian 2.451 mdpl itu mulai menggeliat sejak 2010, ditandai peningkatan status menjadi awas. Tak lama setelah itu, Sinabung meletus dahsyat dan hingga saat ini belum ada tanda-tanda aktivitas vulkanik Sinabung bakal turun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya