Ditahan KPK, Kesehatan Novanto Semakin Baik

Ketua DPR Setya Novanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Ketua Dewan Perwakiln Rakyat Setya Novanto merampungkan pemeriksaan dua instansi penegak hukum sekaligus pada hari ini, Kamis, 23 November 2017. Walau terlihat kurang sehat ketika disapa awak media, namun faktanya, ketua umum Partai Golkar tersebut mampu beraktivitas seharian penuh.

Jalani Sidang, Setnov Tak Tahu Detil Alasan Pengacara Ajukan PK

Kepada wartawan, Novanto mengatakan hanya menjalani pemeriksaan lanjutan di KPK pada hari ini. Kendati begitu suami Deisti Astriani Tagor itu tidak bersedia menjelaskan lebih detail.

"Pemeriksaan lanjutan saja," kata Novanto usai diperiksa di kantor KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis malam, 23 November 2017.

Gaya Baru Setnov, Dekat Napi Terorisme dan Mengaku Khatam Alquran

Disinggung soal jabatannya saat ini, Novanto memastikan bahwa dirinya masih menjabat ketua DPR. Novanto juga mengklaim tidak ada polemik di internal parlemen karena perkaranya saat ini.

"Masih (ketua DPR). (anggota DPR) baik-baik saja," kata Novanto. Selebihnya Novanto meminta para pewarta memberi dirinya jalan menuju mobil tahanan.

Setya Novanto Jadi Saksi di Sidang Eks Dirut PLN

Novanto teramati VIVA banyak beraktivitas pada hari ini, dari pagi hari melayani kerabat dan keluarganya di Rutan KPK, dilanjut menjalani pemeriksaan tersangka proyek e-KTP siang harinya, kemudian ditutup dengan pemeriksaan penyidik Polda Metro Jaya sebagai saksi kasus kecelakaan pada sore hingga malam hari.

Kuasa Hukum Novanto, Fredrich Yunadi mengakui bahwa klienny sanggup jalani pemeriksaan dua instansi penegak hukum, KPK dan Polda Metro jaya.

"Pemeriksaannya lancar saja, termasuk dari Korlantas juga sudah diperiksa," kata Fredrich usai dampingi Novanto di kantor KPK, Jakarta.

Ditanyai mengenai materi pemeriksaan Novanto hari ini, Fredrich enggan berkomentar jauh. Selebihnya ia hanya menjawab sekenanya seraya berjalan menjauhi media.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Halim menguatkan keterangan Fredrich bahwa Novanto terlihat sehat hari ini.

"Beliau (Setya Novanto) dalam keadaan sehat dan siap diperiksa. Beliau koperatif dalam menjawab pertanyaan yang kami sampaikan, ada 21 pertanyaan (tadi)," kata Halim di kantor KPK, Kamis malam.

Halim juga memastikan Novanto tidak tertidur ketika menjalani pemeriksaan. Hanya saja, beberapa kali, kata Halim, Novanto menjawab seraya memegangi keningnya. "Tapi enggak tertidur," kata Halim.

Sebelumnya, Novanto dikabarkan penasihat hukumnya masih dalam kondisi tidak sehat. Akibatnya kerap tertidur saat menjalani pemeriksaan KPK. Diketahui, Novanto saat ini telah ditahan penyidik di rutan KPK terkait kasus e-KTP, pasca menjalani rawat inap di RSCM.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya