Surabaya Terkepung Banjir akibat Hujan Deras Empat Jam

Genangan air akibat hujan deras di sekitar Taman Apsari Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat, 24 November 2017.
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

VIVA – Kota Surabaya, Jawa Timur, dikepung banjir setelah diguyur hujan deras selama kira-kira empat jam pada Jumat, 24 November 2017. Genangan air mencapai 20-50 sentimeter terjadi di beberapa titik jalan. Lalu lintas padat merapat di beberapa titik jalan raya.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Hujan mengguyur deras dari atas langit Kota Surabaya sejak sekira pukul 10.00 WIB. Intensitas hujan baru menurun pada pukul 14.00 WIB. Akibatnya, genangan parah terjadi, di antaranya, di Jalan Ngagel tepat di depan Makam Pahlawan Nasional Bung Tomo, Sidotopo, dan sebagian di Kecamatan Rungkut.

Bukan hanya di jalan raya, genangan juga terjadi di beberapa jalan kecil dan sekitar taman. Di Taman Apsari, misalnya, genangan air sekira 20 sentimeter juga. Jalan ini akses alternatif bagi kendaraan yang ingin memutar cepat menuju Jalan Gubernur Suryo. Pengamatan VIVA, beberapa kendaraan balik kanan. Di pintu masuk Markas Polda Jatim juga tergenang.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

Juru bicara Pemerintah Kota Surabaya, Muhamad Fikser, mengatakan bahwa semua pompa air dikerahkan untuk menyedot air tergenang. "Semua anggota Satpol PP dan Linmas sampai tingkat kecamatan semuanya dikerahkan," ujarnya dihubungi VIVA melalui sambungan telepon genggam. 

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulan Bencana dan Perlindungan Masyarakat Surabaya, Irvan Widyanto, mengatakan, berdasarkan laporan yang ia terima, seluruh anggota Linmas dan Satuan Polisi Pamong Praja diterjunkan ke lapangan untuk menangani dampak banjir. "Untuk membantu pengendara/warga yang mempunyai kendala atau mogok," katanya.

Kota Surabaya Juara Umum POTRADNAS IX 2023

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya, Erna Purnawati, memaparkan, genangan terjadi karena tingginya intensitas hujan dan berdurasi lama. Selain itu, masih banyak proyek box culvert yang belum selesai. "Ada saluran yang belum konek," katanya.

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023