Belum Ada Potensi Letusan Magmatik Gunung Agung

Kondisi Gunung Agung pasca letusan freatik ada Selasa, 21 November 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

VIVA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan belum ada potensi letusan magmatik dari aktivitas erupsi Gunung Agung, Bali.

Merugi, Seluruh Outlet Toko Buku Gunung Agung Bakal Ditutup Akhir 2023

"Kemungkinan akan ada letusan freatik lagi. Potensi letusan magmatik belum ada. Mudah-mudahan aman," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG I Gede Suantika, Sabtu, 25 November 2017.

Sejak Selasa, 21 November 2017, Gunung Agung memang mengalami letusan freatik pada pukul 17.05 waktu setempat. Akibat itu, abu vulkanik membumbung hingga 700 meter dari kawah gunung setinggai 3.142 meter di atas permukaan laut itu.

Netizen Geram Lihat Tingkah Bule Lepas Celana Pamer Alat Kelamin di Puncak Gunung Agung Bali

Namun demikian, kini aktivitas Gunung Agung telah kembali normal. "Sampai hari ini asap putih tipis bertekanan lemah masih teramati setelah letusan freatik. Dari seismisitas-nya, tremor tidak terekam lagi," kata Suantika.

Begitu pun dari pengamatan lewat pesawat tanpa awak atau drone. Dari hasil pantauan menggunakan drone menunjukkan hal sama, asap putih lemah masih teramati keluar dari kawah Gunung Agung.

Daki Gunung Agung Bali Akhir Tahun, Hasto Doakan Megawati dan Jokowi

"Saya takutnya gas-gas magmatik itu keluar ya. Gas yang masa lalu maksudnya (hasil letusan tahun 1963). Gas magmanya. Kenapa gasnya tipis, mungkin gasnya sudah habis." (one)

Sesosok mayat ditemukan di Puncak Gunung Agung Bali

Pendaki Lansia Ditemukan Tewas di Puncak Gunung Agung, Jasad Ditemukan WNA

Sosok mayat ditemukan di puncak Gunung Agung pada Selasa, 12 Maret 2024. siang. Saat ditemukan posisi mayat berada di ketinggian 2833 Mdpl di Puncak Gunung Agung Bali

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024