BURT DPR: RS Charitas Palembang Harus Berikan Pelayanan Optimal

Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI
Sumber :

VIVA – Tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI dipimpin Wakil Ketua Nurhayati Monoarfa meninjau Rumah Sakit RK. Charitas Palembang, Sumatera Selatan, Senin 16 Juli 2018.

Aparat Gabungan Bersiaga di KPU dan DPR Jelang Penetapan Hasil Pemilu

Menurut Nurhayati, dengan kunjungannya ke RS Provider ini diharapkan Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan bagi Anggota DPR beserta keluarganya dapat lebih tersosialisasi dengan baik.

Selain itu, PT Asuransi Jasindo melalui rumah sakit providernya diharapkan dapat memastikan bahwa program jaminan pemeliharaan kesehatan dilaksanakan secara optimal dan sesuai peraturan yang berlaku.

1.489 Personel Gabungan Kawal Demo Depan Gedung DPR, Pengalihan Arus Situasional

Politisi PPP Dapil Jabar XI ini menegaskan, rumah sakit yang ditunjuk Jasindo oleh penyelenggara Jamkestama ini yang memang sudah diatur oleh Peraturan Presiden Nomer 68 tahun 2014 tentang jaminan pemeliharaan kesehatan Pimpinan dan Aggota DPR, DPD, BPK, KY, Hakim, MK, Menteri, Wakil Menteri, dan Pejabat tertentu.

Jaminan pemeliharaan kesehatan dilaksanakan oleh Jasindo yang ditunjuk oleh pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomer 167 PMK 02 2014, dan PERMENKES Nomor 5 tahun 2014. “Jadi memang Jasindo ini yang ditunjuk pemerintah secara resmi untuk melayani kami,” jelasnya.

Ada Demo di Depan DPR, Arus Lalu Lintas dari Semanggi ke Slipi Dialihkan

Ditambahkan, kunjungannya kali ini karena banyaknya komplain dari anggota maupun dari keluarga anggota DPR RI bahwa pada saat ke rumah sakit fasilitas maupun cara penerimaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Terutama keluarganya, masih banyak yang mengalami kesulitan apabila datang ke rumah sakit yang walaupun sudah di tunjuk Jasindo sebagai provider.

“Kami ingin melihat dan menanyakan langsung bagaimana prosesnya pelayanan kepada anggota DPR maupun keluarganya,  dari awal sampai selesai pengobatan,” tegasnya

Anggota BURT Refrizal dari FPKS menyatakan, kunjungan ke RS Charitas ini untuk memastikan pelayanan kepada anggota DPR dan keluarganya. Pihaknya menerima laporan RS ini tidak melayani Jasindo bahkan hanya dijawab, hanya melayani kesehatan untuk orang miskin atau BPJS.

Kejadian yang sama dialaminya, petugas RS tidak mengenal kartu Jamkestama yang  kenal hanya kartu BPJS, namun kemudian Direktur RS minta maaf untuk kejadian ini. “Jadi betul terjadi, karena ada kesalahpahaman manajemen RS dengan Jasindo,” ujarnya

Anggota BURT dari Fraksi Nasdem, Irma Suryani Chaniago mengatakan, RS Charitas merupakan RS terbaik di Sumatera Selatan dan kelengkapannya sudah cukup bagus bahkan  bisa dibilang tidak kalah dengan RS di Jakarta. Anggota dewan yang berkunjung kesini dari Dapil Sumatera Selatan pun merasa nyaman berobat di Rumah Sakit tersebut.

“RS Charitas sudah cukup besar seperti di Jakarta. Fasilitas cukup bagus bahkan ada fasilitas  yang di Jakarta yang tidak ada, contohnya meditasi  kemudian IICP. RS di Jakarta tidak punya IICP.” sebut Irma.

Sementara itu Andi Fauziah Pujiwatie dari FPG menjelaskan, sebagai mitra DPR asuransi Jasindo memfasilitasi untuk mengcover kesehatan anggota Dewan sudah berjalan bagus, terjalin komunikasi yang baik antara Jasindo dengan RS. Walaupun ada anggota yang kehilangan kartu,  itu tidak masalah karena sistemnya sudah online.

“Sudah ada dokumen anggota DPR dan keluarganya, sehingga bisa dilayani oleh seluruh RS Provider Jasindo,” katanya menambahkan. (dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya