KPU Minta TVRI Adil pada Partai Selain Demokrat

11 capres demokrat
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
- Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengkritisi stasiun televisi TVRI yang menayangkan konvensi Partai Demokrat sekitar delapan jam penuh beberapa hari yang lalu. KPU meminta televisi pemerintah itu untuk tidak pilih kasih dalam menyiarkan program terkait partai politik.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Lembaga penyiaran itu harus adil dan berimbang dalam menyiarkan segenap aktivitas partai," kata anggota KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, di kantornya, Jakarta, Rabu 18 September 2013.
Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi


Ferry menjelaskan jika TVRI memberi kesempatan kepada Demokrat untuk tampil, maka mereka harus memberikan fasilitas yang sama kepada seluruh partai lainnya. Namun demikian, ia mengingatkan untuk saat ini seluruh partai tidak boleh melakukan kampanye.


"Tidak boleh melakukan iklan di masa sekarang. Iklan media cetak maupun media elektronik, di TV maupun media cetak," ujarnya.


Ferry mengimbau para peserta pemilu untuk tidak melakukan kampanye seperti berusaha meyakinkan dan menawarkan visi misi, program ke masyarakat. Ia meminta partai untuk memperhatikan baik-baik.


Sementara itu, Ketua KPU Husni Kamil Manik menambahkan untuk konvensi Partai Demokrat di TVRI sendiri, pihaknya belum bisa mengambil sikap. Sebab, aturan mengenai Pilpres 2014 sendiri belum diatur secara final.


"Kami tunggu pernyataan terakhir dari pemerintah dan DPR sebagai pembuat undang-undang. Meski kami tetap menyiapkan paket peraturan yang dibutuhkan," ucapnya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya