Pemilihan Presiden 2009

LSI: SBY-Boediono Menang dalam Satu Putaran

VIVAnews - Lembaga Survei Indonesia memprediksi pasangan calon presiden dan wakil presiden, Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono, menang dalam satu putaran. Survei terbaru mereka menunjukkan, meski terjadi penurunan konstan, suara untuk SBY tetap melewati angka 50 persen pemilih pada 8 Juli 2009 nanti.

Dalam survei terbarunya, 15-20 Juni 2009, SBY-Boediono dipilih 67 persen responden, Megawati Soekarnoputri-Prabowo Subianto dipilih 16 persen, dan Jusuf Kalla-Wiranto 9 persen. Angka elektabilitas SBY ini menurun dari 70 persen pada 30 Mei 2009, sementara Mega-Prabowo stagnan dan JK-Wiranto naik dari angka 6 persen.

Dalam rilis hasil survei yang disampaikan hari ini, Rabu 24 Juni 2009 di Jakarta, jika penurunan suara SBY-Boediono ini dibaca secara konservatif, maka pasangan yang diajukan 24 partai ini berada pada posisi 64 persen. SBY-Boediono mengalami penurunan 4 persen dari hasil survei sebelumnya yang juga dibaca secara konservatif (yakni memperhitungkan margin of error).

"Bila penurunan ini linear dan dibaca secara konservatif, SBY-Boediono kemungkinan akan turun lagi sebanyak 4 persen pada hari H, sehingga perolehan suara pada hari H kemungkinan 60 persen," bunyi kesimpulan hasil survei yang dirilis di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, itu.

Bila SBY-Boediono menang 60 persen secara nasional, dapat dipastikan bahwa 17 provinsi mendapat suara di atas 20 persen karena suara pasangan ini sangat menyebar. "Bahkan 20 persen hampir dipastikan diperoleh di provinsi yang diduga sangat berat untuk SBY-Boediono, yakni Bali dan Sulawesi Selatan."

Jika demikian yang terjadi, maka SBY-Boediono dipastikan akan memenangkan Pemilihan Presiden dalam satu putaran. Ayat 1 Pasal 159 Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden mengatur "Pasangan Calon terpilih adalah Pasangan Calon yang memperoleh suara lebih dari 50 persen dari jumlah suara dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di lebih dari 1/2 (setengah) jumlah provinsi di Indonesia."

Meningkatkan Literasi Digital di Wilayah Timur, Langkah Menuju Pendidikan Merata

Survei ini dilakukan 15-20 Juni 2009 melalui wawancara tatap muka terhadap 2.000 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia secara multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error plus minus 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

arfi.bambani@vivanews.com

Suasana keberangkatan jamaah haji kota tangerang menuju embarkasi Pondok Gede

Pj Walkot Tangerang Wanti-wanti Jemaah Haji Tak Bawa Alat Masak ke Tanah Suci

Pj Wali Kota Tangerang, Nurdin melepas ratusan jemaah haji yang masuk dalam kloter pertama untuk diberangkatkan ke Tanah Suci

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024